SITUS BERITA TERBARU

4 Manfaat mandi air dingin setelah berolahraga!

Sunday, January 5, 2014


Merdeka.com - Setelah berolahraga, tak jarang orang malas mandi karena tubuh mereka masih berkeringat. Setelah olahraga tubuh pun terasa lelah dan panas sehingga banyak yang memilih beristirahat terlebih dulu dan lupa mandi.

Padahal mandi setelah berolahraga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mandi setelah berolahraga, seperti dilansir oleh Health Me Up (04/01).

1. Masalah kebersihan
Baik olahraga di luar maupun di dalam ruangan, Anda pasti akan banyak berkeringat saat berolahraga. Ini adalah tanda olahraga Anda cukup efektif. Meski keringat memberikan pertanda bagus sata olahraga, namun keringat juga bisa membuat tubuh Anda kotor dan bau. Belum lagi jika Anda menggunakan peralatan olahraga yang tentunya tak bebas kuman. Mandi secepatnya adalah cara terbaik untuk membersihkan tubuh Anda dari kuman. Dengan begitu Anda tetap menjaga kebersihan diri sendiri.

2. Penyembuhan otot
Penelitian menunjukkan bahwa mandi air dingin setelah olahraga bisa meningkatkan proses penyembuhan otot dan menurunkan rasa sakit pada otot yang baru saja dipakai berolahraga. Banyak orang yang mengalami nyeri pada tubuh mereka setelah berolahraga. Ini bisa dicegah dan diredakan dengan segera mandi air dingin setelah berolahraga. Mandi air dingin setelah olahraga juga membuat tubuh Anda lebih segar ketika akan melakukan olahraga lagi esok harinya.

3. Mengurangi lemak
Peneliti menemukan bahwa mandi air dingin setelah berolahraga bisa meningkatkan metabolisme hingga 550 persen. Ini karena tubuh menyesuaikan diri dengan suhu setelah olahraga. Hasilnya, tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk tetap hangat. Untuk itu, mandi air dingin setelah olahraga bisa membantu Anda membakar lebih banyak lemak.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat lain dari mandi air dingin setelah olahraga adalah karena air dingin bisa meningkatkan suplai antioksidan yang kuat bernama glutathione pada tubuh. Ini adalah jenis antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari penyakit dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain, kekebalan tubuh Anda akan menguat setelah mandi air dingin.

Itulah beberapa manfaat mandi air dingin setelah olahraga. Jangan lagi bermalas-malasan untuk mandi setelah olahraga ya!

sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive