SITUS BERITA TERBARU

4 Alasan untuk tidak lagi bergantung pada uang orang tua

Sunday, January 5, 2014


Merdeka.com - Setelah selesai kuliah, apa yang akan Anda lakukan? Mencari pekerjaan? Meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi? Selama masa pencarian tujuan ini, mungkin sebagian besar dari Anda masih mengandalkan uang dari orang tua. Menunggu kiriman uang saku setiap bulannya mungkin terlihat sebagai pilihan yang paling gampang dan tidak banyak resiko. Namun, mau sampai kapan Anda akan mengandalkan orang tua? Simak 5 alasan mengapa Anda harus mulai melepas 'uang orang tua' berikut ini.

1. Anda sudah dewasa
Usia kuliah, yang biasanya antara 18-24 tahun, sudah bisa dibilang dewasa tentunya. Oleh karena itu, dengan label dewasa di sini Anda harus sudah bisa mandiri termasuk untuk urusan finansial. Tidak ada salahnya mulai mencari pekerjaan sampingan sejak kuliah, agar nantinya saat jeda selepas lulus kuliah Anda sudah tidak bergantung sepenuhnya pada uang orang tua.

2. Orang tua bukanlah 'bank' pribadi Anda
Anda harus mulai memikirkan kebutuhan finansial jangka panjang Anda, dan hal tersebut tentunya termasuk tabungan. Tentunya terkesan sedikit kekanak-kanakan jika Anda harus menabung dari uang orang tua. Anda bukanlah seorang anak kelas 4 SD lagi yang harus menabung untuk kebutuhan persyaratan pramuka.

3. Jangan menganggap enteng kasih sayang orang tua
Anda perlu memahami bahwa orang tua juga pasti memiliki kebutuhan-kebutuhan tambahan yang bisa mereka dapatkan dengan uang yang diberikan pada Anda. Dengan usia Anda yang sudah dewasa seperti sekarang, pasti akan lebih baik jika Anda mulai memikirkan hal ini, mengalah dan berjuang untuk kebahagiaan orang tua.

4. Kepuasan diri
Ketika Anda sudah mampu menyokong kebutuhan finansial Anda sendiri, Anda akan bisa lebih menghargai arti uang. Kepuasan diri pun akan datang seiring dengan hal ini. Apalagi jika Anda dapat membeli benda-benda berharga mahal dengan penghasilan sendiri, pasti hal itu akan menghadirkan kepercayaan diri yang berbeda.

Jadi, Anda sudah harus mulai merencanakan rancangan finansial Anda mulai dari sekarang, sebelum lulus kuliah.


sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive