SITUS BERITA TERBARU

[WHAAATT] Pilot asing di Indonesia sering palsukan data jam terbang

Saturday, October 12, 2013
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengeluarkan surat edaran buat membatasi penerbitan lisensi pilot asing. Alasannya, banyak pilot dari luar negeri yang mencari nafkah di Indonesia malah memanipulasi data administratif.

Hasil pengawasan Direktorat Kelaikan Udara selama beberapa bulan terakhir, banyak pilot asing melakukan penipuan data jam terbang.


Alhasil, pemerintah melalui surat edaran No.3927/DKUPPU/OPS/X/2013, seperti dikutip dari Antara, membatasi penerbitan izin pilot (endorsement) hanya untuk warga asing yang memiliki izin resmi dari negara asalnya. Pengecualian diberikan kepada pilot asing pemegang paspor Indonesia.

Kebutuhan pilot di Indonesia memang sangat tinggi, seiring pertumbuhan industri penerbangan selepas reformasi. Jumlah pilot dalam negeri belum mencukupi, sehingga banyak maskapai terpaksa mempekerjakan warga asing yang mampu menerbangkan pesawat.

Di Indonesia saat ini sudah ada 18 sekolah penerbang yang seluruhnya dikontrol oleh Kementerian Perhubungan bersama Federasi Pilot Indonesia

Vice President Corporate Secretary Merpati Airlines, Riswanto CP, menyatakan, perlunya ada sekolah penerbangan baru di Tanah Air buat mencukupi kebutuhan tenaga kerja pilot, tanpa bergantung pada orang asing.

"Sehingga negara dapat menghemat devisa," ujarnya.
SUMBER

Padahal kalo pilot orang asing keliatan lebih profesional, ternyata banyak juga yang palsukan data jam terbang. Payaaaah [imagetag][imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive