SITUS BERITA TERBARU

Dituduh Teroris, Mantan Menteri Afsel Ditahan di AS

Monday, October 28, 2013

[imagetag]


NEW YORK - Mantan menteri di Pemerintah Afrika Selatan ditangkap di New York, Amerika Serikat (AS). Penangkapannya itu dikarenakan namanya masuk dalam daftar teroris dunia.

Seperti dilansir Guardian, Senin (28/10/2013), Tokyo Sexwale yang merupakan pejuang anti-Apartheid, dihentikan di Bandara Internasional John F Kennedy ketika namanya muncul dalam daftar teroris AS.

Ketika massa perjuangan anti-Apartheid, setiap tokoh dari African National Congress (ANC) dan kelompok lainnya dianggap sebagai teroris oleh penguasa Apartheid.

AS merupakan salah satu negara yang mengakui keberadaan pejuang anti-Apartheid sebagai teroris. Setelah Apartheid runtuh pada 1994, beberapa nama tetap berada di dalam pengawasan AS. Bahkan Nelson Mandela baru dihapus dari daftar teroris pada 2008.

Penangkapan terhadap Sexwale langsung membuat berang Afrika Selatan. Dubes Ebrahim Rasool terpaksa turun tangan menghadapi masalah yang dihadapi oleh politisi yang kini beralih profesi sebagai pengusaha itu.

Saat ini Sexwale berencana untuk mengambil tindakan hukum melalui pengadilan AS. Tuntutan hukuman itu akan dilayangkan melalui pihak Kedubes Afsel di Amerika.



sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive