SITUS BERITA TERBARU

[survey LKI : Lembaga Kira2 Indonesia] Prabowo paling galau kalau Jokowi nyapres

Wednesday, January 22, 2014
Merdeka.com - Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) melakukan riset tentang siapa capres idaman masyarakat di Pilpres 2014. Hasilnya, Prabowo Subianto , Aburizal Bakrie (Ical) dan Megawati di urutan teratas. Anehnya, Joko Widodo ( Jokowi ) yang selama ini unggul di beberapa survei, tak masuk dalam tiga besar.

Direktur Eksekutif SPIN, Danny Indrianto menjelaskan, Prabowo meraih suara paling besar yakni 26,5 persen, disusul oleh Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie sebesar 17,7 persen dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebesar 14,6 persen.

"Prabowo mendapat apresiasi yang paling baik karena dipandang lebih punya ketegasan, keberanian dan visi misi yang unggul," kata Danny dalam siaran pers, Minggu (19/1).

Danny memaparkan, survei SPIN bertujuan untuk melihat dan mengetahui parpol apa yang memiliki program terbaik di mata publik dan siapa Capres yang paling punya kompetensi, kualitas dan kapabilitas dalam Pilpres 2014.

Dari temuan survei SPIN, kata dia, terlihat bahwa ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki capres yang diinginkan publik, yaitu soal pemberantasan korupsi 57,9 persen, pengentasan kemiskinan 55,2 persen, pengurangan pengangguran 54,5 persen, kedaulatan pangan 47,47 persen, energi 33,3 persen, kesehatan 32,7 persen dan pendidikan 30,4 persen.

Sedangkan faktor yang paling dipertimbangkan publik untuk memilih capres 2014, kata dia, adalah programnya yang pro rakyat, kompetensinya sebagai problem solver bangsa, dan ketegasannya dalam pengambilan keputusan, itulah yang menjadi harapan publik.

Survei dilaksanakan sejak tanggal 15 Desember 2013 sampai 10 Januari 2014 di 33 Provinsi. Jumlah sampel sebanyak 1.070 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling). Margin of error 3 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Sumber : http://m.merdeka.com/politik/survei-spin-prabowo-teratas-jokowi-menghilang.html
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive