SITUS BERITA TERBARU

seniman SLAMET GUNDONO wafat

Sunday, January 5, 2014


Quote:Surakarta, - Kabar duka datang dari jagad kesenian tanah air. Seniman Slamet Gundono wafat di usia yang relatif masih muda. Dalang kontemporer tersebut tak kuasa melawan komplikasi penyakit.

Slamet Gundono masuk RSI Yarsis Surakarta pada 31 Desember 2013 malam lalu sudah dalam kondisi sangat lemah. Dua hari terakhir dia sudah dalam kondisi koma, hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir pada Minggu, (5/1/2014) pukul 08.30 WIB di Ruang ICU rumah sakit tersebut.

"Mas Gundono meninggal dengan tenang meskipun dalam kondisi kritis selama beberapa hari. Dokter sempat memasang alat bantu pernapasan namun sudah tidak berfungsi. Saat ini jenazah masih di RSI Yarsis" ujar penari Fafa Utami, yang saat ini sudah berada di rumah sakit menemani keluarga Gundono.

Menurut keluarga, Gundono menderita penyakit diabetes sudah cukup lama. Penyakit itu kemudian menyebabkan komplikasi dan mempengaruhi kerja organ dalam lainnya. "Kondisi terakhir Mas Gundono juga mengalami gangguan fungsi jantung, liver, paru-patru dan ginjal," lanjut Fafa.

Gundono, atau yang kemudian akrab dipanggil Slamet Gundono lahir di Tegal, 19 Juni 1966, dari keluarga dalang. menghabiskan masa kecil di kampung halaman dan pesantren, Gundono kemudian masuk Jurusan Teater di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Hanya bertahan bertahan beberapa semester di IKJ, dia kemudian pindah ke Jurusan Pedalangan di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (sekarang kini ISI Surakarta) hingga lulus.

Kemunculan Gundono sebagai sosok dalang dan seniman kreatif dimulai sejak tahun 1995. Dia menggegerkan panggung festival dalang di Solo yang digelar untuk peringatan 50 tahun Indonesia


sumber : http://news.detik..com/read/2014/01/...-wafat?9922032

beberapa kali lait beliau ditipi, seniman favorit ane juga gan....

wikipedi
Quote:http://id.wikipedia.org/wiki/Slamet_Gundono
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive