SITUS BERITA TERBARU

Puting Beliung di Banyuwangi, 87 Rumah Rusak

Wednesday, January 29, 2014
[img][/img]Quote:BANYUWANGI, KOMPAS.com � Angin puting beliung menerjang tiga dusun di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (29/1/2014). Sebanyak 87 rumah di tiga dusun, yaitu Dusun Sidomekti, Sidorejo Kulon, dan Sidorejo Wetan, rusak.

"Kerugian setiap rumah antara Rp 1 juta sampai Rp 50 juta sesuai dengan berat ringannya kerusakan. Total kerugian sementara mencapai Rp 837.500.000. Ada kemungkinan akan bertambah karena data masih terus masuk," kata Didik Kartika, Kepala Desa Yosomulyo, kepada Kompas.com,Rabu. Kerusakan terparah terjadi di Dusun Sidomukti.

Selain rumah, menurut Didik, kerusakan juga terjadi di Wihara Jaya Manggala, SDN 2 Yosomulyo, SDN 4 Yosomulyo, dan TK PGRI 4 Yosomulyo. "Ada juga peternakan ayam milik Yong Fuk di Dusun Sidorejo dengan total kerugian Rp 300 juta. Ada 2.500 ayam yang sebagian besar mati tertimpa kandang," ungkapnya.

Selain itu ada 4 warga yang terluka terkena bangunan. "Dua luka ringan dan dua luka berat. Mereka sempat terbawa angin dan kakinya terempas terkena pohon," tambahnya.

Para korban yang rumahnya rusak untuk sementara tinggal di rumah tetangga dan keluarganya.

"Jadi sementara tidak perlu mendirikan posko. Besok rencananya untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan sedang akan diperbaiki dengan gotong-royong warga dan aparat TNI. Sedangkan yang rusak nanti akan kami koordinasikan dengan pemerintah daerah untuk mendapatkan bantuan. Yang lain-lain kami akan koordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyuwangi," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 4 Yosomulyo Lilik Hariyani kepada Kompas.com menuturkan, saat kejadian semua siswa sudah pulang.

"Ada bebeberapa guru yang masih di sekolah karena menyelesaikan tugas. Anginnya dari arah barat tiba-tiba saja masuk ke halaman sekolah dan mengangkat tempat parkir sepeda. Termasuk bangunan taman kanak-kanak dan sebagian genteng SD. Terbang semua. Pagar SD juga roboh," katanya.

Selain rumah rusak, puluhan pohon tumbang menutup jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, dan sempat membuat kemacetan panjang.

"Tadi sempat macet karena kendaraan tidak bisa jalan. Lalu warga kerja bakti menyingkirkan pohon agar kemacetan tidak semakin parah," jelas Suroso, warga setempat.



link sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive