SITUS BERITA TERBARU

Prapancha Research: Jokowi Cocok Diduetkan dengan Tokoh Baru Non Parpol

Saturday, January 4, 2014
Jakarta - Prapancha Research merilis hasil penelitian mengenai 'Prediksi Sosial-Politik 2014'. Peneliti Prapancha Research, M. Nirasma menyatakan bahwa Jokowi lebih tepat dipasangkan dengan figur baru.

"Kalau kita lihat di sini Jokowi banyak diperbincangkan sebagai figur, bukan sebagai kader PDIP. Oleh karenanya publik pun akan lebih melihat kepada faktor ketokohan untuk pasangan Jokowi jika dicapreskan," terang Nirasma di Perpustakaan Pusat UI, Depok, Jawa Barat, Jumat (3/1/2014).

Nirasma kemudian mencontohkan dengan skenario Mega-Jokowi. Figur Mega dipandang kental dengan partai politik sehingga justru akan menurunkan popularitas Jokowi.

"Mega juga merupakan tokoh lama, sehingga kurang dapat diterima oleh publik. Tokoh lain yang dalam temuan kami sebagai tokoh baru adalah Dahlan Iskan dan Anies Baswedan," imbuh Nirasma.

Jokowi dibicarakan untuk dipilih dalam forum dan blog sebanyak 8.700 pembicaraan, Dahlan Iskan 600 pembicaraan, sedangkan Anies Baswedan 43 pembicaraan. Sementara itu untuk parpol yang diperbincangkan untuk dipilih adalah PDIP dengan 34 pembicaraan, PD 7 pembicaraan, sedangkan Golkar 0 pembicaraan.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan penyebutan kata kunci pada media sosial dan 5 portal berita online terbesar di Indonesia selama 2013 yakni detikcom, kompascom, tribunnews, metrotvnews, dan okezone. Prapancha juga memprediksi bahwa faktor ketokohan lebih dipilih ketimbang mesin partai di 2014.

"Kalau tokoh baru kita belum menemukan, karena memang belum ada datanya. Nanti bisa terlihat dari perkembangan yang ada," imbuh Nirasma.

Sebelumnya UI pun pernah merilis 12 nama tokoh alternatif di luar Jokowi. Selain itu elite PKS menyebut JK dan Chairul Tanjung cocok menjadi pendamping Jokowi.

sumber : http://news.detik..com/read/2014/01/...ol?nd771104bcj

sebaiknya Jokowi dipasangkah dgn tokoh yang tak populer saja agar tdk terjadi konflik kepentingan.. dan yang paling penting tokoh yg akan mendampingi jokowi itu sejalan dgn kharismatik jokowi yg merakyat

http://www.indonesiabergerak.com/
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive