SITUS BERITA TERBARU

[OMDO...] Ditanya soal Penahanan dan Gantung di Monas, Anas Bungkam

Friday, January 10, 2014

JAKARTA, KOMPAS.com � Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum bungkam saat ditanya kesiapannya jika ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi seusai diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi proyek Hambalang, Jumat (10/1/2014). Anas memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sekitar pukul 13.30 WIB. Kepada wartawan, Anas hanya melempar lelucon.

"Kalau ada yang bilang Anas enggak mau dipanggil KPK, nama saya itu Anas, bukan KPK. Istri saya manggil Abah, ada yang manggil Cak," kata Anas singkat.

Pendiri organisasi masyarakat bernama Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) ini kemudian berjalan memasuki Gedung KPK tanpa berkomentar lagi. Dia juga bungkam saat ditanya mengenai janjinya untuk digantung di Monas jika terbukti korupsi proyek Hambalang. Demikian juga saat dikonfirmasi mengenai uang Rp 2,2 miliar yang diduga diterima Anas dari PT Adhi Karya terkait proyek Hambalang.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kepastian apakah Anas akan ditahan seusai pemeriksaan hari ini.

Seperti diketahui, KPK kerap menahan seseorang seusai pemeriksaan yang bersangkutan sebagai tersangka, apalagi jika pemeriksaan itu dilakukan pada hari Jumat. Karena itu, penahanan pada hari Jumat memunculkan istilah "Jumat Keramat" di KPK.

Saat dikonfirmasi mengenai kemungkinan penahanan Anas, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan bahwa konsentrasi KPK saat ini adalah pemeriksaan tersangka. Dia tidak menjawab gamblang apakah KPK akan menahan Anas hari ini atau tidak.

Wakil Ketua KPK lainnya, Zulkarnain, mengatakan bahwa negara tentu saja menyiapkan sel untuk para tahanan. �Yang kurang adalah kesadaran bagi orang yang melalukan kejahatan bahwa dia telah berbuat jahat dan merugikan orang banyak," ujar Zulkarnain, saat dikonfirmasi apakah KPK sudah menyiapkan sel untuk Anas atau belum.

Sementara itu, informasi dari internal KPK menyebutkan bahwa Anas akan ditahan di Rumah Tahanan Gedung KPK.

Sumber KOMPAS
http://nasional.kompas.com/read/2014...s.Anas.Bungkam

Dia bingung ngeles apa lagi
jadi bungkam gan
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive