SITUS BERITA TERBARU

Menhub Harap Double Track KA Jakarta-Surabaya Bisa Kurangi Beban Pantura

Monday, January 27, 2014
Quote:Jalur ganda kereta api Jakarta-Surabaya ditargetkan akan beroperasi pada April 2014. Jalur ganda kereta ini diharapkan juga bisa dipakai untuk kereta angkutan barang sehingga bisa mengurangi beban jalur Pantai Utara Jawa yang kini kebanjiran dan rusak.

"Yang pasti untuk kargo barang. Karena mereka bisa membawa barang lebih banyak sekaligus sehingga kalau persentase saya kira lebih dari 50 persen banyak yang memilih dengan kereta api karena lebih tepat dan efisien," kata Menhub EE Mangindaan.

Hal itu disampaikan Menhub usai pengukuhan Asosiasi Pandu Indonesia/Indonesia Maritime Pilot Association di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2014).

Depo KA untuk double track sendiri, imbuhnya akan selesai Maret 2014. Selain itu, Kemenhub juga akan menyiapkan penambahan kapal kargo untuk mengurangi kepadatan Jalur Pantura.

"Tapi ada problem. Kalau lari semua ke kapal nanti truk-truk lain kekurangan angkutan. Untuk itu kita masih mencari win-win solution seperti apa," imbuhnya.

"Jadi bisa ke laut, bisa menggunakan jalur kereta api, supaya jalan raya pantura itu bisa selamat tidak rusak terus atau terlalu padat," jelas politisi Partai Demokrat ini.

Sedangkan Dirjen Perhubungan Laut Bobby R Mamahit mengatakan sudah banyak permintaan pengusaha untuk kapal angkutan barang yang menghubungkan kota-kota di utara Jawa.



detikNews
Berita

Senin, 27/01/2014 12:59 WIB
Menhub Harap Double Track KA Jakarta-Surabaya Bisa Kurangi Beban Pantura
Ayunda W Savitri - detikNews
Halaman 2 dari 2
"Dari dulu memang sudah banyak pengusaha yang minta angkutan barang gunakan kapal agar mengurangi beban pantura. Saya ini kita sedang mengusahakannya," tutur dia.

Kapal Pandu Cegah Kecelakaan Kapal Sandar

Sementara itu tentang Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Pandu Indo/Indonesian Maritime Pilot's Association (Inampa) Masa Bhakti 2013-2017, Menhub EE Mangindaan berpesan Inampa bisa mengoptimalkan peranna dalam keselamatan, keamanan maupun perlindungan maritim baik di pelayaran maupun di pelabuhan.

"Oleh karenanya harapan saya tadi Inampa mampu sinergi dengan kami khususnya (Ditjen) Perhubungan Laut dalam rangka mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul, masih terjadi kecelakaan. Kemarin beritanya lagi sandar tahu-tahu terbalik. Ini perlu perkuatan, begitu pula dengan cuaca-cuaca ini, pandu harus betul-betul profesional. Inilah gunanya Inampa," jelas Menhub.


Sumber

Biasanya disini nanti muncul komen dari alay-alay macam: "kasihan supir truk", "bakal banyak muncul pengangguran dan kriminal"

Pak Menhub kapan Jalur KA Trans Sumatera digarap? kok gak pernah terdengar gaungnya?
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive