SITUS BERITA TERBARU

(Keren) Ini pemberi utang luar negeri Indonesia hingga Rp 3.148 triliun

Tuesday, January 21, 2014

Ini pemberi utang luar negeri Indonesia hingga Rp 3.148 triliun

Merdeka.com - Dari data Bank Indonesia ( BI ), posisi utang luar negeri Indonesia per November 2013 mencapai USD 260,3 miliar atau setara dengan Rp 3.148 triliun. Pemberi utang luar negeri tersebut terdiri dari institusi negara dengan total USD 188,9 miliar, lembaga internasional sebesar USD 26, miliar serta lainnya USD 45,3 miliar.

Dari data bank sentral, Singapura tercatat sebagai negara pemberi utang terbesar untuk Indonesia. Singapura memberikan utang luar USD 49,2 miliar. Amerika Serikat menduduki peringkat kedua sebagai negara pemberi utang luar negeri terbesar ke Indonesia dengan total mencapai USD 38,2 miliar.

Disusul Jepang dengan total pemberian utang luar negeri mencapai USD 35 miliar. Selanjutnya Belanda yang telah memberi utang ke Indonesia mencapai USD 13,3 miliar. Negara yang memberi utang di bawah USD 10 miliar antara lain Australia, Austria, China, Hong Kong, Spanyol, Swiss dan lainnya.

Pemberi utang dari lembaga internasional diantaranya IBRD yang total utang diberikan ke Indonesia sebesar USD 10,6 miliar. Disusul ADB sebesar USD 9,6 miliar.

Lembaga internasional lainnya yang memberikan utang luar negeri ke Indonesia adalah IMF dengan total mencapai USD 3 miliar disusul oleh IDA sebesar USD 2,1 miliar. Lembaga internasional yang memberi utang luar negeri ke Indonesia di bawah USD 1 miliar adalah NIB, EIB, IFAD, IDB.


sumber : http://www.merdeka.com/uang/ini-pemb...8-triliun.html


3T klo buat nasi bungkus dapat berapa truck ya
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive