SITUS BERITA TERBARU

Jokowi: Sodetan Cisadane Bukan untuk Buang Banjir ke Tangerang!

Wednesday, January 22, 2014
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tetap menginginkan pelaksanaan proyek sodetan di Cisadane, Tangerang, meski mendapat penolakan. Jokowi menegaskan, proyek sodetan bukan untuk memindahkan banjir ke Tangerang, tapi upaya untuk mengatasi banjir.

"Yang jelas, ini bukan cara memindahkan banjir. Ini cara untuk mengatasi banjir," ujar Jokowi di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2014).

Jokowi menjelaskan sodetan Cisadane akan memiliki sistem pengaturan laju air. Air yang akan dialirkan dari Ciliwung ke Cisadane dapat dihentikan untuk menghindari luapan di Tangerang.

"Jadi logika sederhananya, kalau di Cisadane penuh ya nggak mungkin dibuka dong pintunya. Gitu saja," kata Jokowi.

Untuk memuluskan proyek ini, Jokowi dalam waktu dekat akan menemui Bupati Tangerang. Dia akan meyakinkan bupati soal pembuatan sodetan tersebut.

"Saya sudah bikin agenda supaya bisa bikin pertemuan dengan pihak Tangerang. Saya yang akan temui. Secepatnya, biar semua menjadi terang dan jelas," kata Jokowi.

"Ini keputusan politik yang seperti ini. Nanti di sana diberikan keyakinan ke mereka," tambahnya.

Pembangunan sodetan Ciliwung-Cisadane merupakan salah satu hasil rapat di Bendung Ciliwung Katulampa Bogor, Senin (20/1/2014).

Dalam rapat itu tak dihadiri oleh Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Keduanya menolak pembangunan sodetan karena takut keberadaan sodetan itu justru memindahkan banjir ke Tangerang.

sumber: http://news.detik..com/read/2014/01/...r-ke-tangerang

moga aja banjir jakarta cepet selesai
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive