SITUS BERITA TERBARU

Jokowi Penuhi Janji : 5 Bus Double-Decker Pesanan Jokowi Tiba di Priok

Wednesday, January 15, 2014


Liputan6.com, Jakarta : Sebanyak 5 unit bus tingkat wisata telah tiba di Jakarta. Bus-bus produksi pabrikan China tersebut akan mulai dioperasikan pada akhir Januari 2014.

"Bus akan melayani masyarakat dan turis baik wisatawan mancanegara maupun nusantara secara gratis," ujar Kepala Dinas Pariwisata Arie Budiman, di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (14/1/2014).

Bus wisata double-decker itu tiba sekitar pukul pukul 22.00 WIB semalam dan baru di unloading pukul 80.30 WIB pagi ini. Bus itu nantinya akan menempuh beberapa titik rute destinasi wisata di Jakarta, di antaranya kawasan Monas, Kota Tua, Blok M, Tanah Abang, dan Museum Tekstil.

Dengan adanya bus tingkat tersebut, Jakarta mempunyai pembeda dengan kawasan kota-kota lainnya di Jakarta. Tempat wisata pun akan lebih muda dijangkau oleh para wistawasan lokal ataupun mancanegara. Bus akan didesain lebih menarik dengan gambar ikon-ikon Jakarta. "Untuk percepatan wisata city tour di Jakarta," kata dia.

Sebelum beroperasi, bus akan diujicoba. Sebab, bus tersebut dibuat dan didatangkan langsung dari Xianmen, China. Bus ini akan dilakukan pengecekan dokumen oleh pihak Bea Cukai. Sebelum beroperasi, bus-bus itu akan dipamerkan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

"Kamis selesai, Pak gubernur minta bus di display dulu di HI. Supaya masyarakat Jakarta tahu bahwa ibukota sudah punya fasilitas pelayanan turis yang sangat nyaman," kata Arie.

5 unit bus tingkat tersebut terlihat cukup 'ngejreng' dengan dominasi warna ungu di hampir seluruh bagian bus. Di badan bus terdapat sebuah tulisan 'Bus wisata keliling Ibu Kota'. Selain itu terdapat pula ornamen hiasan dan di bagian muka bus terdapat tulisan City Tour Jakarta'.

Untuk daya angkutnya, bus tersebut dapat mengangkut sebanyak 60 penumpang untuk di bagian bawah dan atas bus. Di dalam bus juga dilengkapi sebuah layar monitor yang menyajikan tayangan tentang pariwisata di Jakarta.

Arie juga mengatakan, setiap bus akan diisi oleh seorang pemandu wisata yang dapat menguasai bahasa Inggris dan memahami dunia pariwisata di Jakarta.

"Khusus untuk guide-nya kita telah bekerjasama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia, mereka nanti akan menyediakan pemandu yang dikhususkan mampu memberikan penjelasan tentang wisata di Jakarta untuk tiap bus," kata Arie. (Mvi/Ism)

sumber : http://news.liputan6.com/read/799834...-tiba-di-priok

wah bakalan keren nih jakarta, punya bis tingkat lagiiimatabelo

http://www.indonesiabergerak.com/
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive