SITUS BERITA TERBARU

Jokowi In Action : 4 Resolusi Jokowi bangun Jakarta 2014

Thursday, January 2, 2014
Merdeka.com - Tahun 2013 sudah berlalu. Segudang rencana masih belum terjalankan dengan sempurna.

Meski demikian, Gubernur Joko Widodo dan wakilnya Basuki Tjahaja Purnama tak puas begitu saja. Mereka berjanji memaksimalkannya di tahun 2014 ini.

Jokowi masih punya kesempatan empat tahun lagi membangun Jakarta lebih baik. Itu pun bila dirinya tak berubah pikiran untuk nyapres.

Berikut empat rencana Jokowi selama setahun ke depan untuk masa depan ibu kota:

1. Jadikan rakyat Jakarta lebih berkualitas

Sebagai ibu kota negara, Jokowi bertekad bisa membuat rakyat Jakarta lebih berkualitas. Cara tentu banyak.

Salahnya masyarakat dibuat aktif dan memberikan sumbangsih untuk pembangunan Jakarta. Tak hanya jadi penonton pasif terhadap apa yang dilakukan pemerintah.

"Sebuah kota harus ada keseimbangan. Jangan sampai yang tiap hari yang diurus hanya ekonomi ketemu orang diurus duit, ketemu orang lain yang diurus hal-hal yang material, mobilmu baru ndak? Rumahmu baru ndak? Masalah kok yang diurus itu-itu aja," ungkap Jokowi, kemarin.

Menurut Jokowi, keseimbangan yang dia maksud ada pembangunan di segala aspek. Sehingga tercipta suatu brand untuk Jakarta dan tidak melulu cuma masalah berbau ekonomi.

"Harus seimbang, yang religius ada, yang masalah budaya ada, jadi keseimbangan itu perlu. Tidak hanya masalah ekonomi, ekonomi, ekonomi, ekonomi, ekonomi tiap. Itu yang saya kira yang saya pengen kita buat," beberJokowi.

"Sehingga manusia yang berada di kota itu berisi," tambahnya.

2. Buat Jakarta jadi kota berkarakter

Keberagaman etnis seolah telah menghancurkan ciri khas Jakarta. Padahal, kata Jokowi, Jakarta sebagai ibu kota negara harus memiliki identitas yang membedakan dengan daerah lain.

Maka itu, Jokowi berharap tahun ini bisa membangun image bahwa Jakarta merupakan ibu kota yang memiliki karakter sebagai identitas diri.

"Sebuah kota itu perlu identitas dan karakter apa, itu yang baru mulai kita bangun. Sebetulnya Jakarta sebagai sebuah kota festival ini cocok gak," kata Jokowi.

3. Optimalkan angkutan massal Transjakarta

Ratusan bus Transjakarta gandeng akan tiba di Jakarta. Bus ini akan menggantikan yang sebelumnya sudah tak laik jalan.

Jokowi berharap kehadiran Transjakarta membuat warga makin semangat mengoptimalkan angkutan massal di ibu kota. Paling tidak mengurangi penggunaan pribadi ke angkutan umum dengan begitu macet sedikit teratasi.

"Masalah macet perlu waktu untuk mengatasi. Gak mungkin orang bangun transportasi masal hanya setahun atau enam bulan, ya kan gak mungkin perlu waktu. Iya kan?" tegas Jokowi.

4. Terus berupaya bereskan banjir

Banjir jadi masalah tahunan yang selalu menghantui Jakarta. Meski sudah dilakukan berbagai cara, nyatanya banjir masih terjadi.

Meski tak separah awal tahun 2013 lalu, Jokowi mengaku penanganan banjir tahun ini belum maksimal. Tapi dia bertekad menyelesaikan itu semua.

"Banjir perlu waktu yang panjang. Lebarin sungai gak mungkin kan 2 hari atau seminggu. Gak mungkin, butuh bertahun-tahun untuk lebarin sungai, normalisasi sungai, pindahkan orangnya," kata Jokowi.

sumber : http://www.merdeka.com/jakarta/4-res...arta-2014.html



Semoga Resolusi yang disusun pak jokowi dapat terealisasi di 2014 demi jakarta baru yang modern,aman, dan manusiawi

http://www.indonesiabergerak.com/
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive