SITUS BERITA TERBARU

BNPB: Pengungsi Korban Erupsi Gunung Sinabung Capai 25.516

Tuesday, January 14, 2014
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus berupaya untuk membangun pengungsian yang lebih besar dan laik bagi para warga yang menjadi korban letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). 

Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, pengungsi letusan Gunung Sinabung bertambah dari 17 ribu orang menjadi, 25 ribu lebih.

"Pengungsi sekarang naik menjadi 25.516 jiwa pengungsi," tegas Syamsul dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Senin (13/1/2013).

Syamsul menambahkan, sampai dengan saat ini BNPB terus berupaya menipiskan ketebalan pengungsi di beberapa titik tertentu.

"Jadi dari 25 ribu lebih hanya ada 38 tempat pengungsian. Nah, sebetulnya kita ingin memindahkan pengungsi, tapi mereka tidak bisa dipaksakan. Kadang-kadang kita hanya lihat berdasarkan sudut pandang, tapi kalau dipindahkan mereka tidak mau, bagaimana?" paparnya.

Padahal, lanjut Syamsul, idealnya satu pengungsi membutuhkan tempat 3x3 meter persegi. Namun nyatanya, kata dia, tidak semua dari mereka mau dievakuasi.

"Mereka tidak mau karena merasa enggak happy kalau dipindahkan. Ini faktor budaya lokal. Jadi enggak bisa pakai ukuran kita," tegasnya.

Saat ini, BNPB sedang memikirkan untuk membuat tempat penampungan yang lebih banyak bagi korban letusan Gunung Sinabung.

"Kita sedang memikirkan tempat pengungsian yang lebih besar, jadi kita perkirakan kalau erupsi sampai radius 10 km kita harus siapkan (penampungan) untuk 111 ribu pengungsi," tandasnya. (put)

Sumber: http://m.okezone.com/read/2014/01/13/337/925945/bnpb-pengungsi-korban-erupsi-gunung-sinabung-capai-25-516

Smoga bencana ini cepet usai gan banyak banget pengungsinya
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive