SITUS BERITA TERBARU

(Badai) Nahkoda Diimbau Waspadai Cuaca Buruk

Saturday, January 11, 2014
REPUBLIKA.CO.ID, KARIMUN, KEPRI -- Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, mengingatkan nakhoda kapal untuk mewaspadai cuaca buruk.

"Kami sudah melayangkan surat edaran kepada perusahaan pelayaran agar mengingatkan nakhoda kapal-kapal penumpang tetap waspada terhadap cuaca buruk," kata Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun Barlet Silalahi di Tanjung Balai Karimun, Sabtu (11/1).

Menurut Barlet Silalahi, cuaca di laut akhir-akhir ini agak ekstrem dan tidak menentu, terkadang pada pagi cerah namun sore berubah buruk sehingga sehingga memicu gelombang tinggi yang dapat membahayakan keselamatan berlayar.

"Cuaca di laut tidak bisa diprediksi, pengamatan kami musim hujan yang memicu angin kencang dan gelombang berlangsung cukup lama sepanjang tahun. Kami akan pantau laporan cuaca dari BMKG, dan nakhoda kapal kami harapkan melakukan hal yang sama," ucapnya.

Ia juga telah menginstruksikan perusahaan pelayaran agar melengkapi kapal dengan sarana navigasi dan peralatan keselamatan. "Jaket pelampung dan peralatan keselamatan lainnya harus dipastikan tersedia dengan cukup dan memadai sehingga bisa digunakan jika dibutuhkan," kata dia.

Ia mengimbau nakhoda tidak memaksakan kapal berlayar ketika cuaca mendadak buruk.

Sumber


Yang penting jangan sampai ikan jadi mahal aja
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive