SITUS BERITA TERBARU

Alasan Jokowi Membatalkan Sodetan Cisadane

Sunday, January 26, 2014
Quote:Alasan Jokowi Membatalkan Sodetan Cisadane




Tangerang - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan setuju penanganan Sungai Cisadane dengan cara dinormalisasi dan bukan sodetan. Jokowi--sapaan akrab mantan Wali Kota Solo itu--mengakui setelah melakukan peninjauan lapangan dengan melihat kondisi Sungai Cisadane, ia memahami keresahan masyarakat Tangerang terkait rencana sodetan itu.

Untuk itu, kata Jokowi, ia setuju jika Sungai Cisadane dinormalisasi, bukan disodet. "Saya mau lihat ke lapangannya seperti apa, dan terlihat sekali kalau Cisadane tidak bisa disodet," katanya, Sabtu, 25 Januari 2014.

Jokowi menegaskan akar permasalahan banjir Jakarta harus diselesaikan. Terkait dengan hasil pertemuan dengan kepala daerah di Banten hari ini, menurut Jokowi, normalisasi Cisadane akan disokong Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah pada pertemuan di Kementerian Pekerjaan Umum, Senin besok.

Ahmed Zaki Iskandar mengatakan wacana penyodetan Ciliwung-Cisadane sudah selesai. "Soal sodetan sudah tuntas. Kami sudah tidak akan membicarakan lagi soal sodetan," katanya usai pertemuan di Bendung Pasar Baru Irigasi Cisadane, Sabtu, 25 Januari 2014.

Zaki juga tidak yakin jika dengan normalisasi dapat menjamin Tangerang dan Jakarta akan bebas banjir. Menurut dia, normalisasi sungai harus diikuti dengan pembuatan waduk serta pemeliharaan situ-situ secara komprehensif dan berkelanjutan.

Jika semua itu berjalan dengan baik, menurut Zaki, masalah banjir akan tuntas. "Kalaupun ada banjir, paling hanya spot-spot kecil saja," katanya.

SUMBER....


Kalo sodetan Cisadane di batalin, trus masalah penyelesaian banjir Jakarta bagaimana????
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive