SITUS BERITA TERBARU

Air Hingga Bibir Tanggul, Kanal Banjir Barat Aman

Sunday, January 12, 2014
Air Hingga Bibir Tanggul, Kanal Banjir Barat Aman



Quote:Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane Dinas Pekerjaan Umum T. Iskandar mengatakan kondisi tanggul Kanal Banjir Barat di Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, masih aman. "Tanggulnya sudah kuat, tidak perlu khawatir jebol lagi," ujarnya saat ditemui di lokasi proyek pengerjaan tanggul di Jalan Latuharhari, Senin malam, 12 Januari 2014.

Tanggul Latuharhari yang sempat jebol pada awal 2013 lalu menjadi sumber kekhawatiran warga Jakarta, karena akibat jebolnya tanggul ini wilayah Jakarta Pusat terendam banjir pada Januari tahun lalu. Berdasarkan pantauan Tempo, hingga sekitar pukul 22.30 WIB, tinggi muka air di kanal banjir barat telah mencapai 6,5 meter atau sejajar dengan tepi tanggul.

Kondisi ini, menurut Iskandar, masih dianggap normal. Bahkan jika aliran air lebih besar pun, ujarnya, tanggul tersebut masih mampu menahan aliran air. "Memang pengerjaan tanggul belum selesai semua, tapi untuk pondasi dan kekuatan tanggulnya sudah baik." Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak Minggu pagi hingga malam telah membuat sejumlah aliran sungai ditingkatkan statusnya. Di Pintu Air Manggarai status sungai telah mencapai siaga 2.

SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive