SITUS BERITA TERBARU

WIRANTO : "Lu Jadi sebesar ini dulu makan beras Orde siapa ?"

Wednesday, October 2, 2013
JAKARTA, KOMPAS.com � Ketua Umum Partai Hanura Wiranto menyinggung soal budaya bangsa Indonesia dalam berpikir. Ia mengkritik, setiap kali ada pergantian periode, periode sebelumnya selalu diharamkan. Misalnya, saat era reformasi saat ini, bangsa Indonesia cenderung haramkan Orde Baru.

"Kelemahan kita sebagai bangsa yaitu kelemahan dalam berpikir, kalau ada pergantian orde atau era. Misalnya sekarang muncul era reformasi, era Orde Baru dianggap buruk. Semua yang dilakukan Orba itu haram, tapi kan kita harusnya tidak begitu," ujar Wiranto saat memberikan sambutan dalam seminar Empat Pilar di Kompleks Parlemen, Rabu (2/10/2013).

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata RI ini pun menyadari dirinya kerap dikaitkan dengan antek-antek Orde Baru lantaran pernah menjadi ajudan Presiden kedua RI, Soeharto.

"Saya pernah ditanya, Pak Wiranto kan orang Orde Baru."
"saya bilang, eit Tunggu dulu, saya kelahiran Orde Lama. Terus kalau kita menikah di Orde Baru, dan dia kelahiran Orde Lama, terus mau haram gitu?" seloroh Wiranto.

Ia pun mencontohkan, sebagai mantan ajudan Soeharto, Wiranto berhubungan baik dengan Sidarto Danusubroto, orang Orde lama, mantan ajudan Presiden pertama RI, Soekarno, yang kini menjadi Ketua MPR. Meski berbeda generasi, Wiranto mengaku tak pernah merasakan perbedaan. Keduanya bahkan akrab.


"Jadi saya bingung kalau ada orang yang mengharamkan Orde Baru".
"Sekarang saya tanya, saudara lulusan Doktor di orde siapa?"
"Saudara bisa makan beras, sekarang saudara jadi sebesar sekarang ini, dulu itu beras orde mana?"

"Ini makan-nya makanan Orde Baru, tapi enggak ngaku, kan munafik namanya,"

ucap Wiranto disambut tepuk tangan meriah peserta seminar.

Cara berpikir seperti ini, kata Wiranto, harus diperbaiki. Menurutnya, perjalanan sejarah setiap bangsa tidak bisa dipenggal berdasar orde-orde.

"Setiap orde ada baik dan buruknya. Ini sebagai pembelajaran, lanjutkan yang baik, yang buruk sebagai pengalaman" kata Wiranto.

link sumber berita : http://nasional.kompas.com/read/2013/10/02/1220329/Wiranto.Sayangkan.Orde.Baru.Dianggap.Haram

-----------------------------------------------------

Komentar :

"Piye kabare ?"
"iseh penak jamanku to' ? "


[imagetag] [imagetag]

[imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive