SITUS BERITA TERBARU

Menteri PU usul toilet umum diberi fasilitas musik

Thursday, October 3, 2013
Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mewacanakan toilet umum di berbagai daerah akan dilengkapi dengan alunan musik. Hal tersebut dimaksudkan sebagai bentuk inovasi pengembangan sanitasi di sejumlah fasilitas umum. Gagasan pria asal Boyolali tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pembukaan acara konferensi toilet dunia atau World Toilet Summit (WTO) di The Sunan Hotel Solo.

"Lagu bisa saja disesuaikan dengan lagu daerah masing-masing. Seperti di Solo, setiap orang yang masuk ke toilet bisa mendengarkan Bengawan Solo," ujar Djoko kepada wartawan, Rabu (2/10).

Ide untuk menambah fasilitas toilet dengan alunan musik muncul, saat Menteri PU mendengarkan lagu mars sanitasi yang dinyanyikan Miss Sanitasi Indonesia, Bella Puspita Suratmono, di The Sunan Hotel Solo. "Coba saja kalau di setiap toilet ada alunan musiknya, rasanya lebih nyaman," katanya.

Ide Menteri PU mendapat sambutan positif dari Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo. Pria yang akrab disapa Rudy tersebut berjanji akan merealisasikannya pada sejumlah fasilitas umum, termasuk toilet di Kota Solo tahun depan.

"Saya lebih setuju lagunya mars sanitasi. Tadi saya sudah meminta rekaman lagu mars sanitasi yang dinyanyikan pada saat upacara pembukaan konferensi WTO," ungkapnya.

Rudy mengungkapkan akan menganggarkan dana perawatan toilet di sejumlah fasilitas umum di Kota Solo. Pihaknya juga merancang perda yang mengatur sanitasi.

"Kita akan siapkan regulasinya, supaya seluruh masyarakat juga ikut peduli," pungkasnya.

SUMBER

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive