SITUS BERITA TERBARU

Sastra Masih Jadi Momok bagi Siswa

Monday, September 9, 2013
[imagetag]

Quote:Purbalingga - Pelajaran sastra masih dianggap momok sebagaimana pelajaran Matematika. �Sastra dianggap sebagai pelajaran yang sangat sukar,� ujar penyair Yogyakarta, Iman Budhi Santosa, dalam seminar "Sastra Bukan Musuh" yang diselenggarakan Dewan Kesenian Purbalingga (DKP), Jawa Tengah, Senin, 9 September 2013.

Padahal, katanya, sastra sudah dikenalkan kepada siswa sejak dini yang merupakan bagian pelajaran Bahasa Indonesia. "Karena dianggap sukar, banyak siswa tidak menyukainya," kata Iman. Selain itu, ujarnya, banyak siswa menganggap pelajaran sastra kurang penting dibanding Bahasa Inggris, IPA, atau Biologi, karena sastra hanya bagian pelajaran Bahasa Indonesia.

Siswa yang menganggap menulis karya sastra sukar. "Metode belajar 3-N (niteni-nirokake-nambahi) yang diciptakan oleh Ki Hajar Dewantara bisa digunakan sebagai metode belajar menulis sastra," katanya.

Pada tahap awal, kata dia, seseorang bisa niteni atau memperhatikan karya sastrawan dan dijadikan contoh dalam proses pembelajaran. Kemudian tahap berikutnya, nirokake, meniru dengan mencoba menulis puisi memakai teknik menulis puisi sebagai pedoman. Terakhir, nambahi, yakni mengubah fase meniru menjadi fase kreatif.

Ketua Komunitas Sastra Indonesia (KSI) dari Jakarta, Bambang Widiatmoko, mengatakan menulis karya sastra sebenarnya sangat mudah. Dari hal sederhana pun bisa tercipta karya sastra. "Misalnya, saat kita melihat kupu-kupu, lebah dan bunga. Kita bisa membuat puisi tentang ketiganya," katanya.

Peneliti di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mu'jizah, mengatakan sastra merupakan cermin peradaban.


sumber: TEMPO

kalau menurut ane, sastra itu butuh tingkat seni yang tinggi, dan tidak ada kepastian untuk menghasilkan duit banyak, namanya juga seniman pasti mempunyai idealisme sendiri, makanya anak muda lebih suka dengan sesuatu yang berbau "cepat sukses dan mendatangkan uang" dikedepannya nanti [imagetag] memang ga munafik sih ane juga kurang suka sastra, agan gimana?
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive