SITUS BERITA TERBARU

(woooooooii) Hary Tanoe: Sarjana Jangan Nganggur, Buka Usaha!

Monday, September 9, 2013
PADANG - Lepas kuliah, tak jarang banyak dari para sarjana merasa kesulitan mencari pekerjaan. Namun setelah resmi menyandang gelar, tak melulu harus mencari kerja.

Seperti diungkapkan calon Wakil Presiden Republik Indonesia, Hary Tanoesoedibjo (HT), yang mengatakan jika mahasiswa yang baru saja lulus sebaiknya menjadi pengusaha.

"Setelah lulus jangan jadi pencari kerja, tetapi jadilah pengusaha. Indonesia membutuhkan pengusaha setidaknya dua persen dari jumlah penduduknya untuk menjadi negara yang maju," kata HT, saat menjadi pembicara dalam kuliah umum di RRI, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (9/9/2013).

Pria yang memimpin lebih dari 23 ribu karyawan di bawah bendera MNC Group tersebut menuturkan, saat ini banyak sarjana yang menganggur karena lapangan pekerjaan sedikit.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh mahasiswa untuk belajar membuka usaha sendiri sehingga dapat mandiri setelah menamatkan kuliahnya. Hary pun mengungkapkan sejumlah tips sukses yang berhasil diterapkan dalam dirinya.

Pertama adalah fokus pada kualitas; kedua, kecepatan dalam bekerja; ketiga, instropeksi diri; keempat, bergaul dengan lingkungan yang tepat; kelima, sabar untuk kosisten. "Ambil bagian kita, lakukan yang terbaik. Soal hasilnya itu urusan Tuhan," kata pria yang akrab dipanggil HT tersebut.

Indonesia, lanjut Hary, merupakan negara terunik di dunia. Memiliki pulau terbanyak yaitu sebanyak 17 ribu lebih. Dengan suku bangsa yang juga besar, lebih dari 700 suku. Memiliki bahasa terbanyak yaitu lebih dari 500 bahasa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Belum lagi sumber daya alam yang sangat besar dan ditunjang populasi yang juga besar di mana didominasi usia produktif.

"Apa yang salah dari semua ini? Kita punya semuanya tetapi pemanfaatannya masih tidak maksimal," tegas Hary.

Dia berpesan kepada ratusan mahasiswa untuk menjadi generasi yang mandiri dengan menjadi pengusaha. Mereka tidak perlu bergantung pada jumlah lapangan pekerja, namun justru harus menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Sekadar diketahui, HT menjadi pembicara yang dihadiri ratusan mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Universitas Bung Hatta, IAIN, Taman Siswa, dan berbagai universitas lain di Sumbar. (ade)

sumber

ayo yang sarjana, jangan cuma titel & cuma pekerja doang tapi ga punya pemikiran buat usaha. emang sih untuk yg sarjana lebih bagus buka usaha biar yang semacem lulusan TK, SD, SMP, SMA bisa kerja sama yg udah sarjana
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive