SITUS BERITA TERBARU

LIPI: Ada Pembonceng di Balik Ide Jalan Soeharto

Wednesday, September 4, 2013
Sumber berita
[imagetag]
TEMPO.CO, Jakarta - Peneliti Utama Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Asvi Warman Adam, mengatakan penggunaan nama mantan Presiden Soeharto sebagai jalan di kawasan Monumen Nasional merupakan upaya pemboncengan dari golongan pendukung dalam usaha menjadikannya pahlawan nasional.

"Kalau sudah diabadikan menjadi nama jalan artinya sudah diakui, dan kemungkinan Soeharto ditetapkan menjadi pahlawan nasional semakin besar," kata Asvi kepada Tempo, Senin, 2 September 2013. Asvi mengatakan, upaya penggunaan nama Soeharto sebagai pengganti Jalan Medan Merdeka Barat tak akan mudah sebab opini masyarakat saat ini masih terbelah.

Delegasi Panitia 17 menargetkan pada 10 November untuk mengganti Jalan Merdeka Utara menjadi Jalan Bung Karno, Jalan Merdeka Selatan menjadi Jalan Bung Hatta, Jalan Merdeka Timur diganti Jalan Ali Sadikin, serta Jalan Merdeka Barat menjadi Jalan Soeharto. Ketua tim Panitia 17, Jimly Asshiddiqie, mengatakan rencana perubahan nama jalan itu sudah dirundingkan dengan Gubernur Jakarta Joko Widodo.

Menurut dia, banyak masyarakat yang menganggap Soeharto masih memiliki dosa masa lalu yang belum dihapus, walaupun juga banyak yang mendukung. Masyarakat melihat Soeharto sebagai pembangun sekaligus perusak terbesar. Tidak akan menjadi masalah jika yang digunakan nama mantan Presiden dan Wakilnya Soekarno-Hatta. "Kalau Pak Harto nanti dulu, tunggu ditetapkan sebagai pahlawan nasional."

Asvi mengatakan, penggantian nama Jalan Medan Merdeka dengan nama pahlawan nasional bermula tahun lalu, tepatnya saat pembahasan tentang penetapan pahlawan nasional. Saat itu, mendiang bekas Ketua MPR Taufieq Kiemas mengatakan bahwa di Jakarta sebagai ibu kota negara belum ada nama Jalan Soekarno-Hatta.

Awalnya, nama Soekarno-Hatta akan digunakan sebagai pengganti nama Jalan Panjang di Jakarta Barat. Namun usulan tersebut tidak disetujui karena dinilai kurang strategis. Akhirnya diusulkan untuk menggunakan Soekarno-Hatta sebagai pengganti nama Jalan Medan Merdeka.

FAIZ NASHRILLAH
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive