SITUS BERITA TERBARU

[SERIUS?] Ini Alasan BNPB Banjir Manado dan Sinabung Tak Jadi Bencana Nasional

Monday, January 20, 2014
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan penanggung jawab penanggulangan bencana banjir di Manado, Sulawesi Utara, dan bencana Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, ada di pemerintah daerah setempat. BNPB juga menjelaskan alasan kedua bencana itu tidak masuk kategori bencana nasional.

"Kita mengedepankan pemda. Ada hierarki dalam penanganan bencana dan kita tidak mau melangkahinya dan pemda adalah penanggung jawab utama," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantor BPPT, Jalan MH Thamri, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2014).

Sutopo menyebut hierarki yang sama diterapkan pada bencana Gunung Sinabung. BNPB mengaku sempat mendapatkan penolakan dari pemda setempat dengan alasan masih dapat dikendalikan oleh daerah.

"Setelah kita komunikasikan, kita bisa membantu pengungsi yang ada di Sinabung. Di Sinabung BNPB menganggarkan hampir Rp 21 miliar, di sana ada Kemnterian Kesehatan dan mereka anggarkan Rp 4 miliar," terangnya.

"Lalu kenapa Gunung Sinabung tidak ditetapkan sebagai bencana nasional?" tanya wartawan.

Sutopo menjelaskan tidak semua bencana ditetapkan sebagai bencana nasional. "Ini beda kasus dengan Merapi di mana waktu Merapi melanda sampai keempat kabupaten dan korban jiwa makin bertambah sehingga Pak Presiden menjadikan Merapi bencana nasional," jawabnya.

Sudah hampir 3 bulan Gunung Sinabung terus-menerus mengeluarkan abu panas dan lava. Hingga kini status Gunung Sinabung belum diturunkan dari status Awas. Erupsi ini merambah di 5 kecamatan yang terdiri dari 30 desa. Sebanyak 28.221 orang mengungsi.

Sedang banjir di Manado hingga Jumat (18/1) menewaskan 18 orang.

SUMBER DETIK

Padahal disana udah pemdanya GA SANGGUP
Antara sibuk Sendiri ga jelas tuh bupati ama Gubernurnya
EH SEKARANG PUSAT GINI JUGA

MARI BERDOA BUAT SINABUNG
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive