SITUS BERITA TERBARU

Mulai Awal 2014 Proyek Monorel Bandung Akan Dibangun

Friday, January 3, 2014
Bandung -Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan pembangunan fisik monorel Bandung Raya akan bisa dilasanakan pada awal tahun 2014. Kalau semua pihak setuju, ok, kita jalan, Ucap Heryawan seusai Rapat Paripurna DPRD Jabar, di gedung DPRD Jabar, Bandung, Rabu 26 Juni 2013.



Heryawan merasa optimis proyek monorel ini berjalan sesuai harapan. Ia mengatakan pihak BUMN China. China National Machinery & Equipment Import & Export Corporation (CMC) terlihat lebih aktif untuk kerjasama dalam proyek monorel ini.

"Saya yakin, karena yang mau menawarkan pada kita adalah mereka. Biasanya kalau pihak investor aktif, itu sudah masuk hitung-hitungan kasar," ucapnya.

CMC adalah BUMN China yang telah sepakat ntuk berkerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengadakan proyek monorel Bandung Raya. Penandatanganan nota kesepahaman (letters of Intens) untuk tahap awal sudah dilakukan pihak pemprov Jabar dengan CMC di Beijing, China, pada 8 Juni 2013 lalu.

Adapun selain mendapat bantuan kerjasama dari CMC, Heryawan mengatakan untuk biaya rencana dan pembangunan monorel ini akan dibiayai dari Asian Development Bank (ADB) dan penjualan obligasi provinsi Jawa Barat kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Dareah (Bappeda) Jabar, Deny Juanda, mengatakan masterplan pembangunan monorel akan dikerjakan bersama-sama dengan pihak CMC. Dan untuk gambaran besarnya akan di fokuskan di poros utara-selatan Bandung Raya. �Kita akan rancang dan analisis bersama-sama sejak awal, katanya kepada Tempo, Rabu, 26 Juni 2013.

Deny mengatakan pembangunan monorel ini untuk menyiasati tingkat kemacetan di kota Bandung. Berdasarkan analisisnya kota Bandung pada tahun 2020 akan mengalami kepadatan oleh kendaraan. Ia pun berharap dengan adanya monorel, masyarakat kota Bandung mendapatkan fasilitas publik yang efisien.

"Jadi misalnya untuk mahasiswa Jatinangor yang bertempat tinggal di bagian Bandung Barat, dengan monorel bisa pulang-pergi tanpa harus mengontrak tempat tinggal di sana," katanya. Pembangunan monorel ini direncanakan akan rampung selama 3 hingga 4 tahun kedepan.

SUMBER


Untuk info proyek lainnya cek disini INFO PROYEK
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive