SITUS BERITA TERBARU

Mengenal Katulampa, Primadona Info Banjir Jakarta

Saturday, January 18, 2014
Quote:Mengenal Katulampa, Primadona Info Banjir Jakarta




Jakarta - Bencana banjir masih terus melanda kawasan Jakarta. Di saat seperti ini Bendung Katulampa, yang terletak di Kelurahan Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, selalu menjadi sorotan, karena menjadi indikator datangnya banjir .

Andi Sudirman, petugas Bendung Katulampa, mengatakan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ketinggian air di Bendung Katulampa selalu menjadi sorotan masyarakat. "Terutama pada tahun 2010 lalu, tepatnya 12 Februari ketinggian air di Bendung Katulampa mencapai 250 sentimeter dengan jumlah volume air mencapai 630.05 meter kubik /detik, dengan status siaga 1," kata Andi Sudirman.

Kejadian 2010 itu memang menjadi rekor tertinggi permukaan air Katulampa. Sebelumnya rata-rata permukaan air tertinggi terjadi pada 2007, tepatnya pada 3 Februari 2007, yakni 240 sentimeter. Saat itu status siaga 1 dengan volume air sebanyak 629.97 meter kubik/detik. "Sementara pada tahun 2013 lalu ketinggian maksimal dalam satu tahun terjadi pada bulan februari mencapai 200 sentimeter," kata Andi.

Menurut Andi, dalam kurun waktu bulan Januari-Maret 2013, ketinggian di Bendung katulampa selalu pluktuatif yakni dikisaran 50 sentimeter hingga 200 sentimeter. Kini, peningktan terjadi. "Saat ini ketinggian air di Bendung Katulampa selalu menyentuh level siaga 2, padahal sebelum-sebelumnya tidak pernah beranjak di level siaga 3 banjir yakni mencapai 100 sentimeter," kata dia.

Bendung Katulampa mulai dioperasikan pada tahun 1911. Namun, pembangunannya sudah dimulai sejak 1889, sejak banjir besar melanda Jakarta pada 1872. Banjir saat itu dikabarkan membuat daerah elit Harmoni ikut terendam air luapan Ciliwung.

"Bendung Katulampa ini difungsikan untuk pengairan irigasi yang kala itu memiliki luas sekiar 7145 hektar," kata Andi.

Ia mengatakan, Bendung Katulampa ini dibangun di atas ketinggian 367.005 Mdpl, dengan luas Darah Aliran Sungai Ciliwung mencapai 150.30 kilometer, dengan panjang sungai 200 kilometer. "Bendung Katulampa ini memiliki lebar 82,5 meter dan dijaga oleh empat orang," kata dia.

Andi mengatakan, berdasarkan kebiasaan, ketinggian Katulampa ini akan mengalami peningkatan pada awal dan akhir tahun. "Biasanya ketinggian air di Bendung katulampa ini akan terjadi pada musim penghujan yakni pada bulan Januari-Maret. Kemudian akan terjadi lagi pada bulan September, Oktober, November, dan Desember," kata dia.

SUMBER....


Iyalah Katulampa jadi primadona info banjir Jakarta, soalnya air hujan yang terjadi daerah Puncak dan Bogor bermuaranya di Katulampa terus mengalir ke sungai Ciliwung yang mengakibatkan Jakarta darurat banjir!!!!
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive