SITUS BERITA TERBARU

Kopassus Penuhi Permintaan Jokowi

Saturday, January 18, 2014
JAKARTA, KOMPAS.com - Komando Pasukan Khusus atau Kopassus memenuhi permintaan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo membantu korban banjir Ibu Kota.

Terhitung mulai tanggal 18 Januari hingga Februari 2014 mendatang, Kopassus pun resmi bergabung dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB.

Kepala Penerangan Kopassus Mayor Achmad Munir mengungkapkan, meski terhitung baru masuk komando penanggulangan korban banjir hari ini, sebanyak 200 personel Kopassus telah mulai bekerja sejak Kamis (16/1/2014) lalu, yakni memperbaiki tanggul yang jebol di Situ Pedongkelan, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Setelah itu sejumlah personel kita membantu masyarakat Lenteng Agung mendistribusikan sembilan bahan pokok," ujarnya kepada Kompas.com pada Sabtu (18/1/2014) sore.

Sabtu pagi, lanjut Munir, sebanyak 100 orang personel diterjunkan ke pusat komando BNPB di Monumen Nasional.

Sebanyak 40 personel Kopassus diantaranya pun ada yang langsung terjun ke lokasi banjir paling parah di Jakarta, yakni Bukit Duri, Jakarta Selatan dan Kampung Pulo, Jakarta Timur untuk melakukan evakuasi.

"Perlengkapan kita adalah 5 perahu karet, 5 motor tempel, 10 tangki bahan bakar minyak, 5 selang BBM, 20 dayung, 20 unit pelampung, 20 wet suit, sepatu dan 8ban karet," ujarnya.

"Sesuai arahan Danjen Kopassus, Mayjen TNI Agus Sutomo, tugas kemanusiaan adalah suatu kehormatan. Kopassus hadir membawa solusin bukan membawa masalah," lanjut Munir.

Sejak Sabtu pagi hingga sore ini, personel Kopassus bersama Tim SAR dan pasukan lain telah berhasil mengevakuasi puluhan warga, mulai dari orangtua hingga anak-anak. Mereka kemudian dibawa ke kamp pengungsian yang ada, yakni di Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Mushala At-Tawabin dan Gelanggang Olahraga Youth Center di Jalan Raya Ottista.

Sejauh ini, Munir mengaku proses evakuasi warga berjalan dengan baik tanpa kendala berarti. Hanya saja, banyak warga yang menolak dievakuasi dan bertahan di lantai dua rumah mereka masing-masing.

Pihaknya pun sebisa mungkin membujuk warga untuk pergi mengevakuasikan diri ke kamp pengungsian atas alasan keselamatan warga sendiri.

-------------------------------
Pemimpin jempolan, tidak hanya bisa berkomentar namun juga memiliki visi kerja mendasar, bahu membahu memberekan masalah akut Kota Jakarta
-------------------------------

sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2...mintaan.Jokowi
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive