SITUS BERITA TERBARU

(SABOTASE LAGI)KA Lodaya Pagi Tabrak Batu Yang Dipasang Secara Sengaja di Kebumen

Saturday, October 12, 2013
Quote:Kereta Api Lodaya Pagi jurusan Solo-Bandung dilaporkan menabrak batu berdiameter 30 sentimeter yang sengaja dipasang seseorang di jalur rel pada Km 440+0/1 antara Stasiun Sruweng dan Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah.

"Peristiwa itu terjadi tadi sekitar pukul 09.45 WIB, tepatnya sekitar 500 meter sebelah timur Stasiun Karanganyar, masuk Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar," kata Manajer Humas PT Kereta Api Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Kamis.

Menurut dia, batu yang dipasang oleh seseorang di tengah rel tersebut diketahui oleh masinis KA Lodaya Pagi yang bertugas saat itu, yakni Subagyo.

Karena jaraknya sudah cukup dekat, menurut dia, masinis tidak dapat menghentikan kereta api sehingga lokomotif menabrak batu itu. "Beruntung, kejadian ini tidak sampai menimbulkan kecelakaan terhadap KA Lodaya Pagi," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa kejadian itu mengakibatkan KA Lodaya Pagi dengan lokomotif CC 20410 yang membawa rangkaian 4 gerbong eksekutif, 3 gerbong bisnis, 1 gerbong restorasi, dan 1 gerbong barang itu harus berhenti luar biasa di Stasiun Gombong untuk pemeriksaan kerusakan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, menurut dia, diketahui bahwa cow hanger atau bumper lokomotif penyok akibat menabrak batu tersebut. "Setelah diketahui tidak ada kerusakan lain, KA Lodaya Pagi diberangkatkan lagi dari Stasiun Gombong," katanya.

Surono mengatakan bahwa pemasangan batu di tengah jalur kereta api wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto itu merupakan kali kedua dalam kurun satu bulan terakhir.

Ia mengatakan, pada 13 September 2013 juga terjadi pemasangan tumpukan batu dan kayu bekas bangunan di Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.

Tumpukan batu dan kayu bekas bangunan itu sempat terlindas KA Turangga jurusan Bandung-Surabaya. "Atas kejadian ini, PT KAI segera melakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat untuk mengusut peristiwa yang dapat membahayakan perjalanan kereta api," katanya. (Ant/Pudyo S)


Sumber

Pengawasan pada jalur harus makin diintensifkan....

Terus terang ane merasa makin banyak pihak yang terancam dengan perkembangan KA saat ini sehingga melakukan tindakan tolol seperti ini....
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive