SITUS BERITA TERBARU

Jaringan Ngadat, Ribuan E KTP Tak Tercetak

Thursday, September 26, 2013
[imagetag]

Quote:Kediri[imagetag]inas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemerintah Kota Kediri mengeluhkan banyaknya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang belum berhasil dicetak. Jaringan perangkat komputer dari kantor kecamatan ke server utama di Jakarta juga ngadat sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Dispendukcapil KututTriyono mengatakan gangguan jaringan ini sangat menghambat proses pembuatan E-KTP di kantor kecamatan. Meski berusaha memasukkan data pemohon ke server utama di Jakarta hingga berulang kali, upaya tersebut selalu gagal. "Jaringannya putus sejak beberapa hari ini," kata Kutut kepada Tempo, Rabu 25 September 2013.

Menurut dia putusnya koneksi ini merupakan domain operator server di Jakarta. Akibatnya petugas pelayanan E-KTP di kantor kecamatan maupun Dispendukcapil harus melakukan pencatatan manual yang tidak efisien.

Ketidaksiapan sistem E-KTP ini tak hanya menyangkut perangkat komputer dan jaringan saja. Sejak tahun 2012 hingga 2013, sebanyak 18 ribu pemohon E-KTP dari Kota Kediri tak kunjung tercetak. Padahal seluruh data sudah terkirim semua ke Jakarta sesuai panduan teknis yang ditentukan. Kutut sendiri tidak mengetahui apakah hal ini terkait kerusakan perangkat komputer server dalam menerima dan mencetak kartu, ataukah ketidaksiapan petugas di sana. "Banyak pemohon yang menyampaikan kekecewaan akibat tersendatnya pencetakan ini," kata Kutut.

Kepala Kantor Kecamatan Kota Kediri Feri Jatmiko memastikan seluruh petugas pelayanan E-KTP di kantornya sudah melaksanakan prosedur. Bahkan satu unit komputer, kamera, serta alat pemindai mata dan ibu jari yang dikirimkan Kementerian Dalam Negeri berfungsi cukup bagus. Peralatan serupa juga diterima dua kecamatan lainnya di Kota Kediri serta Kantor Dispendukcapil. "Semuanya berfungsi normal," kata Feri.

Afnan Subagyo, salah satu pemohon E-KTP di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri mengeluhkan lambannya pencetakan kartu identitas miliknya. Sejak dipotret tahun 2012 lalu, hingga kini kartu miliknya tak kunjung selesai. Sementara KTP manual miliknya sudah terlanjur ditarik oleh petugas kecamatan saat pembuatan E-KTP massal beberapa waktu lalu.


sumber: TEMPO

kok sudah beberapa hari ngadat tapi tidak ada perbaikan? apa ini berarti para orang2 it di pemerintah tidak berkompeten? padahal kalau misalnya nih kaskus lagi ngadet paling lama berapa lama sih ga nyampe berhari2 [imagetag] mohon koreksi kalau kata2 ane ada yang salah
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive