SITUS BERITA TERBARU

Pasukan Nasi Bungkus Percaya Jokowi Adalah Juru Selamat

Thursday, April 24, 2014
Quote:


Istilah pasukan nasi bungkus (panasbung) semakin ramai di media sosial. Panasbung yang rata-rata merupakan pembela capres PDIP Jokowi, punya kepercayaan bahwa Jokowi adalah sang juru selamat Republik Indonesia.

Hal tersebut diutarakan pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI), Agung Suprio, dimana fenomena yang terjadi di media sosial belakangan ini adalah munculnya kepercayaan bahwa memilih Jokowi sebagai Presiden adalah harga mati untuk menyelamatkan Indonesia.

Agung memaparkan ada dua pengikat solidaritas di panasbung. Pertama adalah ikatan ideologi. Dimana dalam ikatan ini panasbung yang membela Jokowi dikarenakan keyakinan,nilai, dan obsesinya.

"Diantara mereka bahkan ada yang sampai percaya bahwa Jokowi adalah sang juru selamat bagi republik ini. Mereka adalah para relawan dan tersebar. Rata-rata akun mereka bukan anonim," ujar Agung kepada Tribunnews.com, Kamis (24/4/2014).

Ikatan kedua, lanjut Agung, adalah panasbung dengan ikatan ekonomi. Disini, panasbung yang membela Jokowi dikarenakan materi. "Disindir pasukan nasi bungkus karena upah mereka dianggap setara nasi bungkus. Akun mereka rata-rata anonim. Di sisi lain, banyak penjual jasa buzzer dan troopers di twitter. Ada simbiosi mutualisme disini," paparnya.

Agung menambahkan, walaupun terdapat dua ikatan tersebut, sulit membedakan mana panasbung yang terbentuk karena ikatan ideologi atau ekonomi. Kecuali dari jenis akunnya saja.

"Demokrasi akan semakin berkualitas jika tipe rasional menjadi mayoritas. Bukan tipe ngawur yang semakin banyak karena tipe ngawur hakikatnya anti kritik," imbuhnya.


SUMBER



JOKOWI MEMANG LUAR BIASA ...

PEMIMPIN YANG HEBAT
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive