SITUS BERITA TERBARU

Jalan Layang Non-Tol Tak Mengurai Kemacetan Jakarta

Saturday, February 28, 2015
Jalan Layang Non-Tol Tak Mengurai Kemacetan Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran jalan layang non-tol (JLNT) yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan dianggap tak memberikan pengaruh besar.

Salah seorang pengguna kendaraan roda empat, Anggita Muslimah, mengatakan, JLNT tak terlalu berpengaruh dalam mengurai kemacetan di Jakarta. Pasalnya, masih terjadi kemacetan panjang bahkan baik di jalan tapak maupun JLNT ketika jam pulang kerja.

"Gak terlalu berpengaruh, karena jalanan di atas (JLNT) dan di bawah tetap macet juga seperti JLNT Blok M-Antasari. Kalau jam pulang kantor, pasti macet banget dan lumayan panjang. Kalau sudah di jalan layang kan gak bisa ke mana-mana. Mau gak mau harus ikut arus kemacetan," jelas Anggita kepada Kompas, Rabu (25/2/2015).

Hal senada diungkapkan oleh pengguna kendaraan pribadi lainnya, Andhika Putra (22). Menurut Andhika, meski telah ada JLNT, kemacetan di Jakarta tak bisa dihindari. Pasalnya, kemacetan di Jakarta merupakan dampak dari kuantitas kendaraan pribadi di Jakarta yang berlebihan. Sedangkan infrastruktur jalan rayanya sendiri masih sangat sedikit.

"Macetnya sama saja. Kapasitas kendaraan di Jakarta itu kan sudah melebihi banyaknya jalan raya. Mungkin jalan layang itu cuma jadi jalur alternatif biar lebih cepat," ujar Andhika.


Tambahan jalur pendukung

Mengamati hal tersebut, pakar tata kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna, menyatakan, pembangunan JLNT sebenarnya telah membantu Jakarta dalam menambah struktur jaringan jalan di Jakarta. Namun, pemerintah tampaknya belum melihat kebutuhan pendukung dari JLNT sendiri untuk mengurai kemacetan.

"Pembangunan JLNT itu sebenarnya membantu mobilitas masyarakat dengan penambahan jumlah jaringan jalan. Namun, JLNT juga harus ditunjang dengan kapasitas jalan pendukung, seperti jalan arteri, jalan arteri-sekunder, jalan sekunder, dan jalan primer penghubung. Kalau kita lihat kan sekarang itu semua tidak ada. Jadi siapa pun yang memakai JLNT akan tetap kena macet. Pemerintah harus melihat bagaimana JLNT didukung jalan lokal," ujar Yayat.

Selain itu, Yayat melanjutkan, penambahan kapasitas jalur juga diperlukan agar JLNT menjadi struktur jalan yang ideal. Selama ini, lajur JLNT dianggap belum mencukupi karena hanya berisikan dua lajur untuk kendaraan pribadi.

"Kalau kita lihat di jalan tol saja ada empat lajur masih ada kemacetan. JLNT kan hanya ada dua lajur. Seharusnya bisa ditambahkan kapasitasnya agar menampung laju kendaraan pribadi yang lewat. JLNT ini kan sebenarnya membantu masyarakat yang bepergian dari pusat kota ke pinggiran atau dari arah sebaliknya," tambah Yayat.

Yayat juga menjelaskan perlunya ada perbaikan desain serta ketetapan yang mengatur laju kendaraan pribadi di JLNT. Menurut dia, desain JLNT yang sekarang ada terlalu riskan sehingga membahayakan pengguna.

"Desain (JLNT) yang ada sekarang terlalu riskan. Perlu ada perbaikan agar jalan tidak lagi bergelombang. Selain itu, aturan yang ketat untuk menggunakan JLNT juga harus diterapkan. JLNT kan berbeda dengan jalur tapak. Di sana ada perbedaan kecepatan angin. Peraturan untuk motor tidak melaju di JLNT sebenarnya sudah bagus. Kalau bisa juga ada yang mengatur untuk kendaraan roda empat, misalnya masalah kecepatan di JLNT," tandas Yayat.

sumber  (properti.kompas.com)

harusnya jalan layang jangn diisi mobil,, tapi di isi ginian dijamin lancar..

Jalan Layang Non-Tol Tak Mengurai Kemacetan Jakarta



Link: http://adf.ly/1509fF
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive