SITUS BERITA TERBARU

NasDem Resmi Dukung Jokowi, Siapa Wapresnya?

Saturday, April 12, 2014
NasDem Resmi Dukung Jokowi, Siapa Wapresnya?



Quote:Partai Nasional Demokrat akhirnya menyatakan dukungannya kepada calon presiden PDI Perjuangan, Joko Widodo. Dengan dukungan ini, calon presiden PDI Perjuangan dan Nasdem sama: Jokowi. �Kami ingin memperkuat sistem pemerintahan presidensial,� kata Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, di kantor NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 April 2014.

Menurut Paloh, NasDem memberikan dukungan itu dengan perasaan gembira. Paloh sebelumnya menyatakan partainya dan PDI Perjuangan memiliki kedekatan personal dan ideologi yang sama sehingga soal ideologi tidak perlu dibahas lagi.

Surya mengatakan pertemuannya dengan Jokowi hari ini belum membicarakan terkait calon wakil presiden. Menurut dia, tak menutup kemungkinan partainya juga memberi masukan terkait calon wakil presiden, baik dari internal NasDem atau luar. Namun, sampai kini belum ada keputusan cawapres yang disodorkan ke Jokowi.

Jumat kemarin, Paloh mengatakan partainya mempertimbangkan mengajukan Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden, sebagai calon wakil presiden mendampingi Jokowi. "Kami coba dan timbang-timbang demi kepentingan besar bersama," ujar dia.

Menurut Paloh, Jokowi membutuhkan calon wakil presiden yang cocok dan harus bisa menjaga harmonisasi hubungan di internal pemerintah sehingga tidak terjadi persoalan internal yang merugikan rakyat. "Tentu semua tidak ingin ada fenomena seperti kepala daerah yang tidak harmonis," ujarnya.

Saat ini, Jusuf Kalla semakin intens berkomunikasi dengan petinggi NasDem. Meskipun membantah pertemuannya dengan Surya, pada Jumat kemarin, kala membahas peluangnya diusung NasDem, JK menganggap koalisi NasDem-PDIP sangat cocok. Paloh saat menjadi Dewan Penasehat Golkar, kata JK, sudah kerap menjalin komunikasi dengan PDIP. "Jadi, sangat cocok lah," kata Jusuf Kalla, Jumat, 11 April 2014.

Paloh tak mempermasalahkan bila PDI Perjuangan juga melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Menurut dia, pembicaraan dengan PDIP juga belum membahas terkait posisi menteri dan kabinet. Kalau di minta, kata Paloh, NasDem bersedia menyodorkan nama-nama terbaik. "Kami punya kader-kader terbaik yang bisa ditempatkan di posisi yang tepat," kata bos NasDem ini.

Hasil perhitungan cepat menunjukan PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu dengan suara 18-20 persen. Sedangkan posisi NasDem berkisar 6-7 persen. Sedangkan presidential threhold atau syarat partai mengusung calon presiden adalah 25 persen suara hasil pemilu legislatif atau 20 persen kursi di DPR.

SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive