SITUS BERITA TERBARU

Rusia Mata-matai Negara Lain dengan Flash Disk?

Sunday, November 3, 2013
[imagetag]

Quote:Rusia dikabarkan memata-matai delegasi negara lain dalam pertemuan G-20 di St. Petersburg bulan lalu dengan cara yang kuno, yakni melalui USB stick. Surat kabar Italia memberitakan, cara ini dipakai untuk menyadap informasi dari laptop anggota delegasi. Laporan ini diturunkan berbarengan dengan tulisan gegernya dunia internasional setelah National Security Agency Amerika Serikat diketahui menyadap informasi di 80 negara.

Modusnya, mereka membagikan flash disk gratis bersamaan dengan tool kit lain selama perhelatan. Anggota delegasi umumnya tak menyadari dan menganggap flash disk adalah bagian untuk memudahkan kerja mereka.

Berita ini langsung dibantah juru bicara Presiden Vladimir Putin di hari yang sama dengan terbitnya artikel itu. "Kami tak tahu dari mana informasi ini bersumber," kata jubir Putin, Dmitry Peskov, melalui kantor berita RIA Novosti. �Informasi ini tak bermakna apa pun dan hanya mengalihkan isu terkait hubungan Washington dengan Eropa."

Seperti diberitakan, hubungan AS dan Uni Eropa terganggu berita penyadapan. AS diketahui sejak 2002 menyadap pembicaraan telepon Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Seorang diplomat AS pada ABC News menyatakan seluruh pejabat di negara itu secara rutin diingatkan untuk membuang flash disk yang diberikan sebagai hadiah oleh organisasi atau pemerintahan asing. Pasalnya, flash disk adalah cara paling gampang untuk menyusupkan virus untuk menginfeksi komputer. Tak hanya komputer yang terhubung, tapi bisa ke seluruh jaringan.

Pada 2011 Bloomberg memberitakan percobaan yang dilakukan Departemen Keamanan dalam Negeri dimana mereka sengaja "menjatuhkan" disket dan flash disk di area parkir untuk melihat bagaimana pegawai yang menemukannya dan kemudian memakaianya dalam jaringan mereka dan menginfeksinya. Hasilnya, sebanyak 70 persen menginfeksi dengan cepat, tulis Bloomberg, terutama CD dan flash disk.


sumber: TEMPO

benarkah? ini berita kemarin sih, ada yang punya updatenya? kalau bener kaya gitu berarti mulai waspada nih untuk menemukan sesuatu berbentuk data [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive