SITUS BERITA TERBARU

Setahun, 31 TKI Asal NTT Pulang Jadi Mayat

Saturday, November 30, 2013
Quote:[imagetag]


Sebanyak 31 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri pulang ke kampung halamannya di Nusa Tenggara Timur pada 2013 sudah menjadi mayat.

"Ada 31 TKI yang dipulangkan dari luar negeri dalam keadaan meninggal," kata Kepala Seksi Penyiapan Penempatan TKI, BP3TKI Provinsi NTT, Jumat, 22 November 2013. Namun, dia tidak merinci siapa saja TKI tersebut.

TKI yang pulang jadi mayat, menurut dia, tersebar di kabupaten yang menjadi kantong-kantong TKI, seperti Belu, Kupang, Flores Timur dan Sumba. Diakuinya tidak semua TKI yang tewas bekerja di luar negeri secara ilegal. "Ada juga TKI tewas ke luar negeri yang legal," katanya.

Mereka yang tewas, katanya, rata-rata karena menderita sakit. Namun, ada juga yang tewas karena kecelakaan, seperti tersengat listrik. "Tewas karena penyiksaan tahun ini tidak ada," katanya.

Dia mengatakan, TKI yang diberangkatkan ke luar negeri secara ilegal dan meninggal tidak diberikan asuransi, apalagi mereka bekerja di bidang informal. Sedangkan TKI legal di sektor formal dipastikan mendapatkan asuransi. "Asuransi tergantung mereka bekerja di sektor formal atau informal," katanya.

Anggota DPD RI Sarah Lery Mboeik mengatakan perhatian pemerintah terhadap penanganan TKI sangat rendah. Oleh sebab itu, tidak heran kalau TKI yang bekerja di luar negeri, seperti Malaysia, sering mendapat penyiksaan. "Kurangnya keterampilan para TKI membuat mereka sering disiksa, sakit dan akhirnya meninggal," katanya.


SUMBER


Padahal mereka ini Pahlawan Indonesia .....

PAHLAWAN DEVISA [imagetag] [imagetag] [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive