Quote: TEMPO.CO, Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk berhasil menjual tiket senilai Rp 223 miliar dalam pameran pariwisata yang digelarnya. Pameran yang bernama Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) itu diadakan dua kali pada tahun ini, yakni pada 11-13 April 2014 dan 12-14 September 2014, di Jakarta Convention Center.
Direktur Penjualan dan Pemasaran Garuda Indonesia Erik Meijer menyatakan nilai transaksi pada perhelatan September meningkat 115 persen dibanding April. "April kami mencatat nilai penjualan Rp 70,8 miliar, sedangkan pada September sebesar Rp 152,2 miliar," ujarnya.
Nilai transaksi tersebut besar karena masyarakat semakin melek akan kebutuhan berlibur. Selain untuk menghilangkan kepenatan dalam kegiatan, berlibur sudah menjadi bagian dari gaya hidup.
Erik mengatakan tiket penerbangan promo yang terjual sebesar 10-85 persen baru bisa dipakai sepekan setelah pameran hingga Juni 2015. "Pengaruh libur akhir dan awal tahun menjadi salah satu penyebab besar nilai transaksi," kata dia.
Sebagai pameran perjalanan wisata terbesar di Indonesia, GATF juga memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang tujuan wisata dan mendukung pemerintah dalam pengembangan industri pariwisata nasional.
Namun, kata Erik, dalam pameran, minat masyarakat berlibur ke dalam negeri masih kecil. "Masih sekitar 27 persen dari nilai transaksi pada pameran September 2014," kata Erik. Sisanya, 73 persen, merupakan penerbangan internasional.
Daerah yang menjadi favorit dari 27 persen itu adalah Palembang, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. "Singapura, Hong Kong, Kuala Lumpur, dan Bangkok masih menjadi primadona masyarakat Indonesia untuk berpariwisata," kata Erik.
Sumber
Link: http://adf.ly/s8iGE