SITUS BERITA TERBARU

Ketua MK: Tak Ada Jalan Bagi Presiden Untuk Tidak Setujui Paripurna DPR

Tuesday, September 30, 2014
TRIBUNNEWS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono awalnya berencana tidak menandatangani rancangan undang-undang pemilihan kepala daerah (RUU Pilkada) yang baru disahkan beberapa hari lalu setelah mendapat protes masyarakat yang cukup kuat. Namun, rencana itu akhirnya urung dilakukan presiden setelah berkonsultasi dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva.
Presiden menuturkan dirinya berkonsultasi dengan Hamdan saat di Osaka soal pasal 20 UUD 1945. Di dalam pasal itu disebutkan rancangan undang-undang disahkan sebagai undang-undang setelah mendapat persetujuan bersama DPR dan Presiden.
"Saya ingin dapatkan pandangan dari MK tentang tafsir pasal 20 itu. Misalnya, karena secara eksplisit, kalau saya belum beri persetujuan tertulis atas hasil di DPR RI, apakah masih ada jalan bagi saya untuk tidak berikan persetujuan," ujar Presiden SBY dalam jumpa pers setelah rapat terbatas begitu tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (30/9/2014) pagi.
Dari penjelasan Hamdan, SBY mendapatkan pandangan bahwa menteri yang ditunjuk sebagai wakil pemerintah saat pengesahan RUU berhak memberikan persetujuan. Pasalnya, menteri itu dianggap sebagai wakil dari presiden.
"Sehingga tidak ada jalan bagi presiden untuk tidak setuju atas hasil paripurna DPR," ungkap dia. (Sabrina Asril)
Terkait#Tolak UU Pilkada#Susilo Bambang Yudhoyono
Baca Juga
Istana: SBY Pertimbangkan Saran Yusril Tak Teken RUU Pilkada
Gempa Berkekuatan 3.9 SR Guncang Atambua
SBY 'Dianugerahi' Bapak Antidemokrasi, Istana: Mereka Belum Paham Pikiran Presiden
SPG Cantik Minta Keadilan, Laporan Penganiayaannya Agar Segera Disidangkan
Editor: Agung Budi Santoso

sumber

Drama???

Link: http://adf.ly/sTQ2b
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive