SITUS BERITA TERBARU

[Jakarta, Bukannya Udah Biasa?] Warga Khawatirkan Menghitamnya Air Sungai Kalimalang

Tuesday, September 30, 2014
Komen TS: Pas dulu ane masih sering main di Jakarte, lihat sungai warna item mah udah biasa. Baunya juga nauzubilleh. Heran ane, bisa-bisanya orang diem aja liat sungai di sekitar mereka kayak gitu. Kasian sungainya. . Nyok Selametin sungai. Carane kek mana, ane juga lagi mikir...

Beritanye nih
-----------------------------

Air sungai Kalimalang yang menghitam karena pencemaran lingkungan. (sumber: Suara Pembaruan/ F-5)

Jakarta - Warga di sekitar bantaran Sungai Kalimalang mulai khawatir kondisi air yang menghitam dan mengeluarkan bau tidak sedap karena akan mengganggu suplai air dari Perusahaan Air Minum (PAM).

"Saya sangat bergantung air dari PAM untuk kebutuhan sehari-sehari, takut airnya nanti jadi keruh dan bau," kata Purwanto, warga RT 07 RW 01, Cipinang Melayu, Jakarta Timur di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan menghitamnya Sungai Kalimalang ini baru pertama kali dilihatnya karena biasanya air berwarna coklat.

"Saya juga khawatir dengan kesehatan keluarga saya apabila airnya tidak sehat, takut kulit jadi gatal-gatal dan sebagainya," kata Purwanto.

Menurut dia, belum ada petugas yang datang ke sini dan berharap Pemprov DKI cepat mengatasi masalah ini.

Hal yang sama juga diungkapkan warga RT 01 RW 01, Cipinang Melayu, Ansori, ia mengatakan, menghitamnya Sungai Kalimalang bisa menimbulkan berbagai penyakit, misalnya diare.

"Itu saja ikan-ikan pada mabuk, apalagi kalau manusia yang konsumsi, pasti sangat berbahaya," ujar Ansori yang juga menggunakan air dari PAM tersebut.

Ia berharap Pemprov DKI dapat memberi teguran kepada perusahaan-perusahaan yang membuang limbah sembarangan sehingga mencemarkan sungai.

Sebelumnya, sejak pukul 11.00 WIB, air di Sungai Kalimalang berubah warnanya menjadi hitam dan mengeluarkan bau tidak sedap yang diduga tercemar oleh limbah pabrik.

Penulis: /YUD
Sumber:Antara
SUMUR

Kalimalang gan







Link: http://adf.ly/sUisJ
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive