SITUS BERITA TERBARU

6 Cara Jitu Meredam Kemarahan

Tuesday, September 30, 2014
6 Cara Jitu Meredam Kemarahan



Okehit.com - Marah adalah emosional negatif yang sering dialami manusia. Meskipun kedengarannya normal, kemarahan dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda.

Rasa marah yang berlebihan dapat mengakibatkan stres yang abnormal, yang pada gilirannya akan mempengaruhi metabolisme tubuh.

Jadi jika bisa, lebih baik mengendalikan amarah Anda. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa cara sehat yang dapat dilakukan untuk mengontrol amarah Anda:

1. Jujur pada diri sendiri

Kadang amarah datang karena Anda tidak mengatakan secara jujur apa yang Anda rasakan dan apa yang Anda inginkan. Jadi mulai sekarang bersikaplah jujur dan terbuka, ini akan menghindarkan Anda dari emosi yang tidak perlu.

2. Tenangkan pikiran

Jika tiba-tiba menghadapi situasi yang bisa membuat Anda marah, alih-alih melampiaskan kemarahan lebih baik Anda harus segera menenangkan diri. Ambil napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Atau segera ke toilet, membasuh muka dengan air dingin juga bisa menurunkan emosi. Cara lainnya adalah dengan minum segelas air putih, ini akan membantu menjernihkan pikiran.

3. Alihkan perhatian

Jika Anda merasa terlalu marah dan tidak bisa berpikir jernih, coba untuk berjalan-jalan atau bertemu teman-teman untuk berbagi cerita.

4. Menulis

Menulis bisa menjadi terapi untuk meredam kemarahan Anda, terutama bila Anda tidak memiliki teman untuk berbagi cerita. Tuliskan setiap peristiwa yang membuat Anda marah dan apa yang Anda harapkan dari itu.

5. Memanjakan diri

Memanjakan diri sesaat juga bisa menjadi langkah yang baik untuk meredakan kemarahan. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia seperti mendengarkan musik, menonton film atau sekedar berjalan-jalan. Ketika pikiran Anda segar kembali, Anda dapat lebih jernih melihat masalah yang Anda hadapi.

6. Menarik nafas panjang

Menarik nafas panjang dapat membuat rileks. Tanpa disadari, marah membuat kita menahan nafas. Lakukan ini sesering mungkin dan berpikir positif atas semua yang terjadi ketika kemarahan itu muncul. Semoga membantu! (30/9/2014)

SUMBER: http://okehit.com/lifestyle/2014/09/...dam-kemarahan/

ane rasa artikelnya bagus, jadi ane share disini... mudah2an dapat membantu temen2 yg lg esmosi...

Link: http://adf.ly/sUAwj
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive