SITUS BERITA TERBARU

Jawaban Ilmiah Kenapa Jakarta Hujan Deras saat Bogor dan Depok Cerah

Wednesday, February 5, 2014


Jakarta - Cuaca di Bogor dan Depok sempat cerah hari ini. Matahari bersinar terang. Di lain pihak, Jakarta malah hujan deras dan banjir. Biasa atau aneh? Berikut jawaban ilmiahnya.

"(Itu kejadian) Biasa. Bukan cuaca lokal. Awannya memang di utara, Jakarta bagian utara, Tangerang bagian utara, dan Bekasi," kata Kabid Informasi Meteorologi Publik BMKG Kukuh Ribudiyanto saat dihubungi detikcom, Rabu (5/2/2014).

Berdasarkan pantauan BMKG, semalam hingga pagi tadi, awan tumbuh di Banten bagian utara. Karena angin, awan bergeser ke timur. Terjadilah hujan di Jakarta dan sekitarnya, terutama di bagian utara.

"Bekasi juga hujan, karena awan sampai sana," jelas Kukuh.

Potensi hujan di Jakarta dan sekitarnya tetap akan ada hingga pertengahan Februari. Intensitasnya bervariasi dan tidak selalu merata.

"Kejadian itu (Bogor dan Depok cerah, sedangkan Jakarta hujan) bisa terulang. Tergantung awan. Yang jelas, puncak musim hujan Januari dan Februari ini," paparnya.

Hujan deras di Jakarta mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Bahkan jalan di depan Istana sempat tergenang. Terjadi kemacetan cukup parah di jalan-jalan yang mengakses ke Silang Monas. Banjir juga mengganggu perjalanan KRL dari Bogor atau Depok ke Jakarta.


SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive