SITUS BERITA TERBARU

Solusi pemberantasan korupsi yang di lakukan Hongkong 40 tahun yang lalu

Monday, January 26, 2015
40 tahun yang lalu hongkong sekitar tahun 1974, Negara ini tidak jauh beda dengan Indonesia.
Polisi korupsi, panggil pemadam kebakaran harus kasih duit dulu, panggil ambulan harus kasih uang rokok supirnya baru mau jalan, bea cukai, immigrasi oknumnya korupsi semua.

Lihat hongkong sekarang, bersih, makmur, tertib, pusat finance dan banking di dunia, penduduk dengan salah satu GDP terbesar di dunia, etc.

Ternyata mereka pernah juga mengalami konflik besar antara KPK nya yg bernama ICCA dengan polisi, bahkan sampai di serbu secara fisik kantornya yg berpusat di admirality HK.

Bagaimana mereka bisa melewati badai tersebut?

Pemerintah melakukan amnesty terhadap semua koruptor yg melakukan tindak korupsi per satu tanggal tertentu. Amnesty = pengampunan tanpa syarat asal mereka mengakui, nama mereka bersih.

Apa yang terjadi? perlahan laun para koruptor yg sudah mengakar di ke polisi an karena sudah tidak ada kepentingan lagi untuk menutupi kejahatan korupsinya mereka mulai mendukung KPK nya di sana. Calon koruptor dan koruptor lama lambat laun mulai bersih.

Apakah ini bisa juga di lakukan di Indonesia? mungkin kalau di lakukan sekarang 40 tahun lagi kita bisa seperti Hongkong sekarang?

Saya sih yakin kita bisa lebih hebat dari mereka, karena negeri kita kaya akan sumber daya alam, sumber daya manusia dan di berkati oleh alam yg lebih bersahabat.

Cek sumber sejarah ICCA di sini : sejarah kpk di hongkong  (en.wikipedia.org)

Link: http://adf.ly/wfAmP
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive