SITUS BERITA TERBARU

Apesnya Jakarta selalu masuk daftar survei kota terburuk sedunia

Thursday, January 29, 2015
Merdeka.com - Anda tinggal di Jakarta mungkin boleh berbangga hati lantaran menjadi bagian dari warga ibu kota besar dan pelbagai kemudahan fasilitas bisa ditemukan di sini. Namun beberapa survei luar negeri membuktikan Jakarta ternyata sangat buruk baik untuk tempat tinggal, tujuan, maupun rawan bencana.

Salah satu ibu kota negara dunia terpadat ini bahkan disebut-sebut tidak menjanjikan apa pun selain kesengsaraan. Kehidupan keras, macet, menjadikan banyak orang berada di tingkat stres akut serta lambat laun menganggu psikis masyarakatnya.

Dilansir dari pelbagai sumber termasuk stasiun televisi BBC, stasiun televisi CNN, majalah Business Insider, dan situs indonesiameatters.com, berikut survei yang menempatkan Jakarta dengan sebutan terburuk sejagat.

1.Kota rawan bencana
Merdeka.com - Bencana apa pun merupakan fenomena paling bikin sengsara manusia. Beberapa kota dunia berisiko dihantam bencana salah satunya Jakarta.

Buruknya sistem pembuangan sampah hingga tak adanya lahan hijau untuk menyerap air (drainase) membuat Jakarta rawan diterjang banjir rata di seluruh wilayahnya. Bencana ini memang saban tahun datang ke ibu kota dan mengancam sekitar 27,2 jiwa.

Selain itu sekitar 40 persen wilayah Jakarta berada di tanah rendah. Ibu kota Indonesia ini juga berada di atas garis patahan bumi (lempeng bumi) yang sewaktu-waktu bisa bergeser dan mengakibatkan gempa dahsyat hingga tsunami.

Apesnya Jakarta selalu masuk daftar survei kota terburuk sedunia

2.Kota terburuk sejagat
Merdeka.com - Masalah sanitasi, penyakit, polusi, fasilitas medis, ketidakstabilan politik, kejahatan, dan sebagainya sangat tinggi di Jakarta. Selain itu tingkat pengangguran dan sumber daya manusia yang terbengkalai menjadikan kriminalitas bertambah setiap harinya.

Selain itu keamanan juga lemah terutama di pelbagai perwakilan asing sering menjadi target pengeboman ekstremis. Bagi warga luar negeri hidup di tengah-tengah mayoritas muslim Jakarta sungguh mencekam sebab tak diketahui mana yang ekstremis dan mana yang tidak. Seluruhnya membaur hingga tak terdeteksi.

Apesnya Jakarta selalu masuk daftar survei kota terburuk sedunia

3.Kota paling tidak aman
Merdeka.com - Survei digelar Economist Intelligence Unit (EIU) mengenai kualitas keamanan 50 kota (the Safe City Index) telah dilansir kemarin. Hasilnya, Jakarta dinobatkan sebagai kota paling tidak aman sejagat, dengan skor 53,71.

Skor itu sangat jauh dibandingkan Tokyo, Ibu Kota Jepang, yang memuncaki daftar tersebut dengan skor 85,63. Jakarta menjadi kota negara anggota G20 yang masuk urutan papan bawah selain Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Survei dari majalah ternama ini memperhitungkan keamanan warga, keamanan infrastruktur, keamanan digital, hingga jaminan kesehatan. Turut diperhatikan adalah angka kejahatan, jumlah warga meninggal akibat kematian tidak wajar, serta kemampuan teknologi informasi pemerintah setempat memantau aktivitas kejahatan

Rendahnya kualitas keamanan Jakarta sebelumnya sudah diakui Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Pemimpin akrab disapa Ahok itu sempat mengusulkan tambahan 2.500 CCTV di seluruh area ibu kota agar bisa memantau setiap pelanggaran hukum.

Apesnya Jakarta selalu masuk daftar survei kota terburuk sedunia

4.Kota termacet sejagat
Merdeka.com - Survei luar negeri menyebutkan Jakarta tiada hari tanpa kemacetan sepanjang waktu. Bahkan perjalanan pendek pun memakan waktu berjam-jam, beberapa wilayah macet sampai tak bergerak alias lebih parah lagi.

Hal ini makin diperburuk dengan sedikitnya pilihan transportasi demi menghindari kemacetan. Bus umum justru neraka dan trans Jakarta sebenarnya pilihan paling aman namun terbatas.

Bahkan seorang ekspatriat bernama Allan Bell menuliskan hanya orang-orang berani yang bisa hidup di Jakarta saking buruknya.

Apesnya Jakarta selalu masuk daftar survei kota terburuk sedunia

5.Kota terburuk untuk turis
Merdeka.com - Turis ingin melancong ke Jakarta sebaiknya berpikir dua kali. Jika perlu sampai sepuluh kali sebab kota ini ternyata paling menyebalkan bagi para wisatawan asing maupun lokal.

Menurut survei di Jakarta menjanjikan kejutan. Namun bukan kejutan baik melainkan kejutan penderitaan berkepanjangan. Belum lagi tak banyak hiburan alami di kota ini melainkan deretan pusat perbelanjaan mirip rumah bantaran kali, dempet-dempet, dan semakin membuat macet.

Survei lebih lanjut menyebutkan turis hanya bisa bertahan sepekan di Jakarta. Jika masih ada sisa libur sebaiknya memilih kota lain sebagai destinasi sebab menambah sehari di Jakarta berarti tambah masalah.

Apesnya Jakarta selalu masuk daftar survei kota terburuk sedunia

sumber 

kok bisa buruk di semua bidang

Link: http://adf.ly/wnXue
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive