SITUS BERITA TERBARU

[TRET DISKUSI BOCOR SEHAT] Prabowo : Kebocoran Negara Tahun Ini Capai Rp 1.160T

Wednesday, June 18, 2014
Ini Penjelasan Mahfud Md Soal Prabowo Sebut Kebocoran Negara Rp 1.000 T


DETIK

Jakarta - Capres nomor urut satu Prabowo Subianto kerap menyebut soal kebocoran kekayaan negara hingga Rp 1.000 triliun dalam kampanyenya. Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Mahfud Md, menjelaskan soal pernyataan jagoannya itu.

Menurut Mahfud, pernyataan soal kebocoran negara yang mencapai Rp 1.000 triliun tidak akan menjadi bumerang buat calon Wakil Presidennya, Hatta Rajasa. Mahfud menjelaskan yang dimaksud Prabowo adalah potensi dan belum terjadi.

"Enggak, enggak. Bumerang apa? Enggak. Cuma angka Rp 1.000 triliun itu yang dikatakan Pak Prabowo ibarat baru potensi barangkali," kata Mahfud di Rumah Polonia, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Selasa (17/6/2014).

......




berita tanggal 19/12/2013
v
v
v

Prabowo Subianto : Kebocoran Negara Mencapai 1.160 Trilliun

TRIBUN

Quote:TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Prabowo Subianto mengungkapkan, total kebocoran negara mencapai Rp 1.160 triliun di tahun 2013.

Menurut Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini, kebocoran itu karena banyak pejabat maupun pihak-pihak berkuasa yang korupsi.

"Kebocoran negara mencapai 1.000 triliun rupiah. Bayangkan dalam lima tahun bisa 5.000 triliun rupiah," ujar Prabowo dalam Dialog Masyarakat Pedagang Pasar Tradisional Se-Jawa Barat bersama Prabowo di Pasar Induk Caringin, Kamis (19/12/2013).

Prabowo menjelaskan lebih rinci, kehilangan potensi penerimaan pajak sebesar Rp 360 triliun. Kebocoran anggaran dalam APBN Rp 500 triliun, dan anggaran negara untuk subsidi energi sebesar Rp 300 triliun. Jadi, total kebocoran anggaran menjadi Rp 1.160 triliun.

"Anggaran sebesar ini bisa dipakai untuk membantu korban-korban meletusnya Gunung Sinabung, warga termarjinalkan dan warga lainnya. Kita harus punya pemerintah bersih yang menghentikan kebocoran ini," tutur Prabowo, yang juga adalah Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).

Prabowo memuji pemerintahan Provinsi DKI Jakarta yang mampu memangkas anggaran hingga 25 persen dengan tetap mampu menjalankan roda pemerintahan.

Menurutnya, jika anggaran tersebut tak dipangkas, maka anggaran 25 persen tersebut akan hilang ditelan pihak-pihak tak bertanggung jawab.

"Daripada pemerintah mensubsidi energi, lebih baik Rp 10 triliun dari subsidi tersebut digunakan untuk membeli Rp 30 ribu bus dan didistribusi ke seluruh penjuru kota dan kabupaten. Masyarakat juga tak perlu bayar transportasi," ujar Prabowo.

Upaya ini telah dilakukan dan berhasil di beberapa negara. Selain menghemat energi, juga menghemat uang negara.

Prabowo, kembali menyayangkan Indonesia bisa lebih kaya kalau kekayaan sumber dayanya tidak dijual mentah, namun melalui pengolahan. Ia mencontohkan, minyak bumi yang kini diekspor dijual 700 dolar per ton.

Namun, kalau minyak digunakan lalu diekspor dalam bentuk tekstil dan garmen, keuntungan negara bisa mencapai 50.000 dolar hingga 100.000 dolar per ton.

"Ini masalahnya tidak ada strategi ekonomi yang benar," kata Prabowo.

Dialog bertema "Memperkuat dan Mengembangkan Pasar Tradisional Sebagai Soko Guru Ekonomi Indonesia" ini diselenggarakan APPSI DPW Jawa Barat yang bekerjasama dengan Institute Madani Nusantara. Dalam acara tersebut hadir di antaranya Ketua Pembina APPSI Jabar HD Sutisno dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (bb)



==============

Silahkan kalau mau mengolok-olok prabowo di tret sebelah aja ya
Gw sangat berharap siapapun presidennya kelak, "kebocoran" keuangan negara, berapapun jumlah yang benarnya, bisa ditutup.

Pertama, adalah tidak tepat penggunaan kata "bocor" oleh prabowo. Sehingga sebagian pejabat dan pengamat mensalahartikan maksud bocor disini. Mereka mengira ini adalah kebocoran APBN.

Sedangkan pada berita diatas 19/12/2013 dapat disimpulkan, kebocoran versi prabowo itu ada 3 jenis :
1. Subsidi Energi 300T yang tidak tepat
2. Potensi Penerimaan Pajak 360T, tax to PDB ratio masih rendah
3. Kebocoran APBN 500T karena inefisiensi dan korupsi
Mungkin bisa dimaklumi, istilah "kebocoran" Prabowo ini adalah bahasa orasi agar mudah dimengerti rakyat awam. Lebih sulit dicerna apabila menggunakan kata "potensi pendapatan yang hilang 1160T"

Kedua, in my opinion :
1. Untuk subsidi energi, gw setuju kalau BBM dicabut subsidinya lalu dialihkan ke transportasi massal dan infrasturktur. Caranya lah yang mesti diperdebatkan. Mungkin butuh kenaikan bertahap, nggak sekaligus atau kebijakan subsidi tetap yg digagas menkeu.
Tetapi yang bikin aneh, kemarin tim ekonomi bowo via drajad wibowo bilang mereka nggak akan menaikkan harga bbm

Quote:
Skema pengurangan subsidi untuk orang kaya, menurut Drajad, dilakukan agar subsidi BBM bisa tepat sasaran. â?? Kalau subsidi dicabut atau harga BBM dinaikkan secara menyeluruh, maka yang terdampak adalah rakyat kecil,â?? kata dia, usai melakukan diskusi di Warung Daun, Jakarta, Sabtu, 31 Mei 2014.

Agar penerapan melalui mekanisme pajak berhasil, Drajad mengatakan akan melakukan reformasi perpajakan, seperti penyisiran, integrasi teknologi, serta kerja sama antar instansi. Sebaliknya, dia mengkritik salah strategi pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang berencana menaikkan harga BBM dan menghapus subsidi.


Entah kurang koordinasi atau takut kehilangan suara, padahal bowo pernah bilang begini :
Quote:
"Akan saya cabut subsidi dan dialokasikan ke sektor-sektor lain,â?? kata Prabowo saat berbicara di depan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah di Hotel Crown, Semarang, Sabtu, 9 November 2013.

Prabowo ingin agar Rp 300 triliun itu dialokasikan ke beberapa sektor yang lebih riil wujudnya. Prabowo, misalnya, ingin menggunakan anggaran tersebut untuk pengadaan transportasi massal. Bekas menantu mantan Presiden RI Soeharto ini bakal membelanjakan Rp 10 triliun untuk mendapatkan 35 ribu bus.


: : :
Masih mending cara joko yang berani berkata akan menaikkan harga BBM bertahap. :

2. Untuk penerimaan pajak, di video dijelaskan tax to GDP ratio masih rendah, sehingga ada potensi penerimaan yang hilang. Kalau liat dari omongan drajad wibowo, ini akan dilakukan.
Jokowi entahlah, gw belom nemu apa yang akan dilakukan.

3. Untuk kebocoran APBN 500T, penyebabnya adalah inefesiensi dan korupsi. Entah tepat atau tidak bocor 500T dari 1800T, yang jelas ini masalah serius. Langkah prabowo untuk mewujudkannya adalah dengan menaikkan gaji aparat/birokrat Alih alih berhemat, APBN justru makin bengkak wo
Masih mending Joko yang akan menggiatkan transparansi keuangan lewat E-anggaran dkk.

Kesimpulannya, kebocoran anggaran yang akan ditutup prabowo = bullshit dan cuman retorika doang

Atau dari timses wowo aka penasbung mau ngasih sanggahan dan penjelasan lain?? silahkan gan

Atau dari timses wiwi aka penastak mau ngasih komentar cerdas tanpa mengolok2?? Juga mau ngasi penjelasan tambahan cara konkrit wiwi menutupi "kebocoran keuangan negara" ?? silahkan gan
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive