SITUS BERITA TERBARU

Pesawat Tak Berizin Mulai Gentar Masuk Indonesia

Wednesday, November 12, 2014

Pesawat pemerintahan Arab Saudi jenis Gulfstream IV, dipaksa mendarat oleh pesawat Sukhoi TNI AU, di pangkalan udara El Tari, Kupang, NTT, 3 November 2014. (dok. Dispen AU)

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah pesawat jet Gulfstream batal memasuki wilayah udara Indonesia lantaran tak mengantongi izin. TNI Angkatan Udara mensinyalir pesawat tersebut enggan memasuki teritori udara secara ilegal lantaran gentar dengan kekuatan militer Indonesia.

"Pesawat tersebut takut dengan kesigapan pesawat-pesawat tempur TNI AU yang sering beraksi dalam sebulan terakhir," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto saat dihubungi, Rabu, 12 November 2014.

Menurut dia, pesawat jet Gulfstream itu hendak melintasi wilayah udara Indonesia dalam perjalanannya dari Singapura menuju Darwin, Australia. Pesawat jet itu, katanya, meminta izin Air Traffic Controller Bandara Soekarno-Hatta.

Hadi melanjutkan, pilot pesawat jet Gulfstream gagal menunjukkan dokumen izin melintas Indonesia. Surat-surat yang dibutuhkan adalah security clearance, flight cleareance, dan diplomatic clearance. "Mereka tidak punya tiga surat itu." (Baca: Dua Penerbang Australia Tinggalkan Indonesia)

Untuk berjaga-jaga, Hadi melanjutkan, TNI AU menyiapkan pesawat tempur di pangkalan udara di Yogyakarta dan Solo. Pesawat TNI AU itu disiagakan jika pesawat asing dari Singapura nekat melintas. Dia memastikan pesawat tempur TNI AU akan menurunkan paksa pesawat asing itu jika berkeras melintasi wilayah udara Indonesia. (Baca: Respons Negara Lain Jika Pesawat Asing Masuk)

Sebelumnya, beredar informasi yang menyebutkan pesawat tempur TNI AU kembali mengejar dan mendaratkan paksa sebuah pesawat asing. Dikabarkan bahwa pesawat asing tersebut sudah mendarat di Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta. Informasi ini dibantah Hadi. (Baca: Respons Negara Lain Jika Pesawat Asing Masuk)

TNI AU sendiri sudah mendaratkan paksa tiga pesawat tak berizin dalam dua bulan terakhir. Pendaratan paksa itu dilakukan menggunakan F-16 dan Sukhoi Su-27.

INDRA WIJAYA
-
sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/1...asuk-Indonesia
-
pertahankan dan tingkatkan !
tinggal kapal ilegal yg musti lebih dikerasin lagi

Link: http://adf.ly/u11GJ
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive