SITUS BERITA TERBARU

(GEROMBOLAN BIADAB) KMP Tak Gentar dengan Aroma Kekalahan di RUU Pilkada

Wednesday, September 24, 2014


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nurwahid mengatakan Koalisi Merah Putih akan terus memperjuangkan usulan pemilihan kepala daerah kembali dipilih oleh DPRD.

Hidayat memastikan mereka tak gentar meski sejumlah kalangan menyatakan Koalisi Merah Putih akan kalah dalam voting oleh kubu yang mendukung pilkada langsung. Dia tak menampik bila posisi Koalisi Merah Putih terus disudutkan terutama setelah Partai Demokrat berubah sikap soal Polemik RUU DPRD.

"Mungkin kami akan kalah. Tapi ini bukan soal menang kalah. Kalau hitung-hitungannya kalah atau menang, mungkin kami dengan mudah akan dipecah dan mencari kursi ke tempat lain," kata Hidayat, di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/9/2014) malam.

Anggota Majelis Syura PKS itu melanjutkan, Koalisi Merah Putih mendukung pilkada melalui DPRD karena ingin menekan praktik politik uang dan konflik horisontal setelah penyelenggaraan pilkada langsung.

Pilkada melalui DPRD, kata Hidayat, juga diyakini mampu menekan praktik korupsi yang dilakukan kepala daerah terpilih. "Koreksi itulah yang kami hadirkan dengan mendukung usulan pilkada secara tidak langsung atau melalui DPRD," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPR menjadwalkan pengesahan RUU Pilkada pada 25 September 2014. Pembahasan RUU ini mengundang perhatian, setelah salah satu pasalnya mengubah mekanisme pemilihan kepala daerah, dari pemilihan langsung menjadi pemilihan oleh DPRD.

Pilkada melalui DPRD didukung oleh seluruh anggota Koalisi Merah Putih. Sedangkan pendukung pilkada langsung adalah PDI Perjuangan, Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Demokrat.

Demokrat yang sebelumnya mendukung pemilihan kepala daerah oleh DPRD, berubah sikap mendukung pemilihan langsung setelah pernyataan dari ketua umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono yang diunggah lewat YouTube.

Perubahan sikap ini diyakini akan mengubah peta dukungan terhadap pilihan mekanisme pilkada ini di parlemen. Demokrat adalah partai pemenang Pemilu 2009.

SUMBER

maju terus, kalah di RUU Pilkada bakal bikin apalagi nih si gerombolan biadab... kita tunggu saja juragan



Link: http://adf.ly/sJTn1
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive