SITUS BERITA TERBARU

[Moge Bodong] Polrestabes Intensifkan Razia Moge

Thursday, January 15, 2015
Polrestabes Intensifkan Razia Moge

SURABAYA – Para pengendara motor gede (moge) harus selalu ingat untuk membawa surat kelengkapan berkendara. Sebab, polisi kini mengintensifkan razia. Hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi Kapolri Sutarman yang meminta jajarannya menertibkan moge di jalan. Kalau ada moge tanpa surat lengkap, mereka harus ditindak layaknya pengguna jalan lain.

Jajaran Satlantas Polrestabes Surabaya mengimplementasikan perintah tersebut. Rabu siang (14/1) mereka mengadakan razia dengan langkah hunting. Jika menemukan pengendara moge di jalan, mereka menepikan dan memeriksa kelengkapan surat-suratnya. Misalnya, surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM).

"Sesuai petunjuk Kapolri, kami menjalankan razia ini untuk meminimalkan keberadaan moge yang ugal-ugalan di jalan," kata Wakasatlantas Polrestabes Surabaya Kompol Made Danu.

Polisi setidaknya menepikan enam moge yang kebetulan melintas di Jalan Darmo. Perinciannya, 2 Harley-Davidson, 2 Ducati, 1 Kawasaki Z800, dan 1 BMW. Mereka tidak melintas bersamaan. Hanya dua pengendara Harley-Davidson yang saat itu jalan beriringan. Enam moge tersebut bisa menunjukkan kelengkapan surat.

Setelah menepikan moge, petugas memeriksa kelengkapan surat-surat seperti saat merazia motor-motor berkapasitas mesin kecil. "Kami juga mengimbau mereka agar tidak memasang sirene atau rotator. Sebab, itu hanya diperbolehkan untuk kendaraan-kendaraan tertentu. Misalnya, mobil patroli polisi atau ambulans," ujar Danu.

Langkah polisi tersebut mendapat sambutan bagus dari para pengendara moge yang kemarin ditepikan di Jalan Darmo. "Baguslah kalau ada seperti ini. Ini tentu menjadi shock therapy agar semua pengendara moge tetap memperhatikan kelengkapan motor. Selain itu, selalu menghargai pengendara jalan lain," kata Rosyid Budiarto, pengendara motor Kawasaki Z800.

Pernyataan serupa meluncur dari Dimitri. Menurut dia, polisi memang harus berlaku sama kepada semua pengguna jalan. Dimitri menyatakan, sebagai pengendara moge, dirinya risi kalau disebut mendapat keistimewaan di jalan dan dianggap arogan.

"Saya sangat setuju dengan langkah pengetatan seperti ini. Bagi saya, semua pengendara harus melengkapi surat-surat kendaraan. Semua langkah ini dilakukan secara kontinu," papar pengendara Harley-Davidson itu sembari menunjukkan bahwa dirinya membawa STNK dan SIM lengkap. "BPKB-nya juga ada," lanjutnya lantas tertawa.

Polisi berjanji terus melakukan razia. Polisi merasa memiliki kepentingan untuk mengimbau para pengendara moge agar tetap tertib di jalan raya. "Kalau mereka melanggar aturan lalu lintas, kan imbasnya berbahaya buat diri sendiri dan pengguna jalan lain," tegas Danu.

Sumber: http://www.jawapos.com/baca/artikel/...kan-Razia-Moge

duit banyak masa pake motor bodong

Link: http://adf.ly/wGCZv
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive