SITUS BERITA TERBARU

Perbaikan Jalur Pantura Selesai H-10 Lebaran

Sunday, June 30, 2013
Perbaikan Jalur Pantura Selesai H-10 Lebaran

[imagetag]

Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan perbaikan Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) selesai H-10 Lebaran. Hal itu ditegaskan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto di Jakarta, Minggu (30/6).

Ia juga mengatakan perbaikan Jalur Pantura merupakan pemeliharaan berkala ataupun rutin. "Perawatan dilakukan sebelum hari raya Lebaran, sehingga kendaraan bisa melintas tanpa adanya ganggu perbaikan ketika hari H-nya," katanya kepada Media Indonesia.

Kementerian PU menganggarkan biaya pemeliharaan untuk Jalur Pantura sebesar Rp1,2 triliun pada tahun ini. "Angkanya bisa naik ataupun turun, sebelumnya pernah Rp1 triliun atau Rp1,3 triliun, sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Djoko mengungkapkan beban berlebih (overload) kendaraan menjadi penyebab kerusakan pada Jalur Pantura. Selain itu, faktor cuaca juga ikut mempengaruhi.

Ia menambahkan belumnya ada jalur alternatif untuk mengurangi beban pada lintasan sepanjang 1.000 kilometer tersebut. "Pembangunan jalan tol atau kereta api seharusnya bisa untuk memindahkan kendaraan yang melintas," jelasnya.

SUMBER

Semoga pembangunan double track dan rencana pembangunan jalan tol trans jawa dapat segera terealisasi untuk mengatasi masalah kemacetan dipantura yang semakin tahun semakin parah [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share