SITUS BERITA TERBARU

Presiden Cina Ingin Hong Kong Tetap Aman

Wednesday, October 1, 2014
Quote: Presiden Cina Ingin Hong Kong Tetap Aman



Presiden Cina Xin Jinping akhirnya buka suara soal demo warga Hong Kong sejak akhir pekan lalu. Dalam sebuah pidato di hadapan para petinggi Partai Komunis, Xi mengatakan Cina akan terus menjaga kemakmuran dan stablilitas Hong Kong dan Makau di tengah munculnya kerusuhan di wilayah itu.

Dikutip dari BBC News, Selasa, 30 September 2014, Xi juga menegaskan kembali bahwa Cina memiliki pengaruh besar pada kedua wilayah itu. "Cina teguh menerapkan pedoman pemerintahan 'satu negara dan dua sistem' dan Undang-Undang Dasar, dan akan tetap kuat dalam menjaga kemakmuran jangka panjang dan stabilitas Hong Kong dan Macau," kata Xi.

Di tempat terpisah, pemimpin Hong Kong Leung Chun-ying meminta kepada pendemo untuk membubarkan diri. Namun, permintaan itu ditolak. Pendemo malah semakin banyak dan meminta Chung-ying untuk mengundurkan diri. Tapi pria 60 tahun itu menolak untuk mencopot jabatannya.

"Beijing tidak akan tunduk dengan aksi protes seperti ini," kata Chun-ying.

Chun-ying dibenci karena dianggap sebagai dalang dari penolakan pemilihan langsung di Hong Kong. Banyak pengamat yang menyebut Chung-ying melakukan kecurangan dalam pemilihan Kepala Eksekutif Hong Kong pada 2012. Bahkan, sejumlah pengamat menyebutnya sebagai "serigala rakus" yang tidak peduli pada kepentingan rakyat Hong Kong.

SUMBER

kalo menurut agan dan mbaknya gimana nih ?


Link: http://adf.ly/sVeK7
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive