SITUS BERITA TERBARU

China selidiki hampir 37.000 pejabat terlibat kasus korupsi

Sunday, January 5, 2014
http://cdn.klimg.com/merdeka.com/res...upsi-rev-2.jpg

Merdeka.com - China dikabarkan tengah menyelidiki hampir 37.000 pejabatnya yang diduga terlibat korupsi dalam lebih dari 27.000 kasus antara bulan Januari dan November.

Dari 27.236 kasus, 12.824 kasus di antaranya mengakibatkan kerugian bagi negara dengan total Rp 11,077 triliun, seperti dilansir situs asiaone.com, Ahad (5/1), mengutip laporan kantor berita milik pemerintah China Xinhua pada hari ini.

Laporan itu mengutip pernyataan dari Prokurator Rakyat Tertinggi, sebuah badan tertinggi untuk melakukan penuntutan di China. Namun, badan itu tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar pada hari ini.

Jaksa ternama China, Cao Jianming, mengatakan kepada parlemen Kongres Rakyat Nasional pada Oktober tahun lalu bahwa 200.000 orang telah diselidiki atas kasus penggelapan atau penyuapan antara Januari 2008 dan Agustus lalu.

Kepala Partai Komunis Xi Jinping telah mengambil tindakan keras terhadap para pelaku korupsi sejak dia berkuasa lebih dari satu tahun lalu, yakni peringatan bahwa korupsi bisa menghancurkan partai.

Dia telah mengancam untuk memberantas korupsi terhadap pejabat senior atau biasa disebut 'harimau' bersama dengan pejabat tingkat rendah atau 'lalat' untuk menjaga kemurnian partai.

Pada saat yang sama Xi telah mencanangkan sebuah tindakan penghematan, dengan serangkaian langkah termasuk batasan pada jamuan makan dan larangan pemberian hadiah terhadap para pejabat.

sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive