SITUS BERITA TERBARU

Wiranto setuju koruptor dihukum mati

Wednesday, October 2, 2013
[imagetag]

Korupsi menjadi musuh besar bangsa Indonesia. Pelaku korupsi tersebut sudah sangat merugikan banyak orang dan menyiksa rakyat Indonesia lantaran dengan uang-uang yang dikorupsi itu timbul kemiskinan di mana-mana.

Hal tersebut ditanggapi mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Wiranto. Menurutnya, hukuman mati merupakan hukuman yang pas diberikan kepada koruptor. Menurutnya, koruptor akan sangat diuntungkan bila tidak mendapat hukuman mati tersebut.


�Ya, saya setuju. Karena hukum paling berat hukuman mati. Bukan mengambil hak hidup, tetapi kalau dia (koruptor) banyak mengambil hak hidup orang banyak bagaimana,� kata Wiranto usai seminar nasional empat pilar kebangsaan yang bertemakan `Dengan Semangat Empat Pilar Kebangsaan, Kita Menangkan Hati Nurani Perempuan di Pemilu Legislatif 2014` di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Rabu (02/10/2013).

Dia menjelaskan, hukuman mati yang diperuntukkan bagi pelaku korupsi tidak termasuk dalam kategori pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Jika diperhitungkan, kata dia, mengapa banyak negara yang menerapkan hukuman mati.

Senada dengan Wiranto, mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Djoko Santoso mengusulkan perlunya penerapan hukuman mati bagi koruptor agar timbul efek jera. Menurutnya, kasus korupsi di Indonesia kian mengkhawatirkan. Oleh karenanya, pelaku korupsi harus dihukum seberat-beratnya, bahkan koruptor kelas kakap harus dihukum mati.

Patrialis Akbar, ketika masih menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM menyetujui penerapan hukuman mati bagi terpidana korupsi dan penyuapan. Hakim, katanya, harus berani menerapkan hukuman itu karena sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 UU No 32 Tahun 1999 yang diperbarui dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 mengenai Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Aturan itu mengatur hukuman mati dapat dijatuhkan antara lain pada pelaku korupsi saat negara sedang dilanda krisis, saat bencana alam, atau dalam keadaan tertentu.

sumber

[imagetag] [imagetag] [imagetag] [imagetag][imagetag] [imagetag] [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive