SITUS BERITA TERBARU

Virus Peduli Monyet Menulari Bandung

Friday, October 25, 2013
Bandung Juga Bakal Bebas Topeng Monyet


[imagetag]
Ilustrasi anti kritik entut menunggu jatah nasi bungkus


TRIBUNNEWS.COM BANDUNG, - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sepakat, topeng monyet di Kota Bandung tidak ditoleransi lagi di jalan raya. "Komitmen saya membersihkan jalanan dari hal-hal yang mengganggu termasuk topeng monyet," ujar Emil panggilan Ridwan, di Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Kamis (24/10/2013).

Emil melarang topeng monyet, terkait penegakkan undang-undang perlindungan satwa seperti yang sudah dilaksanakan Gubernur DKI Joko Widodo. Jokowi sudah merazia intensif dan menjanjikan Jakarta bebas topeng monyet pada 2014.

Menurut Emil, upaya yang paling memungkinkan untuk menertibkan topeng monyet, imbauan secara persuasif dan penertiban pawang topeng monyet. "Opsinya. pawangnya jadi petugas kebersihan, sedangkan monyetnya dikembalikan ke habitat,"ujar Emil.

Berdasarkan data, penggunaan monyet untuk mengamen termasuk melanggar Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) No 302 yang mengatur tentang tindakan penyiksaan hewan. Selain itu, ada pula Undang-Undang Nomor 18 Tahun 200 9 tentang Peternakan dan Kesehatan Pasal 66 Ayat 2g.

Dasar hukum lain adalah Peraturan Kementan Nomor 95 Tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan Pasal 83 Ayat 2, Perda No. 11 Tahun 1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies Pasal 6 Ayat 1 dan Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum Pasal 17 Ayat 2. (*)

Sumber




<------&gt;
Ternyata virus peduli monyet yang diidap oleh Jokowi menular ke Bandung,

kita tunggu apakah panasbung yang merangkap cow warrior akan mencaci maki Walikota yang mengurusi urusan permonyetan. [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive